Agar Mobil Ngacir Saat Perjalanan Balik ke Jakarta, Jangan Lupa Ganti Pelumas Kendaraan Anda

Sabtu, 13/04/2024 19:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Arus mudik 2024 sebagian besar telah dilakukan oleh masyarakat. Kini fisik dan kendaraan mereka perlu dipersiapkan kembali untuk menempuh arus balik yang akan berlangsung satu dua hari mendatang.

Mengutip banyak sumber, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi yang hendak balik kembali ke Jakarta perlu melakukan pemeriksaan seksama untuk memastikan kendaraan yang digunakan tidak ada kebocoran di bagian oli maupun sistem pengereman.

Untuk itu, mereka perlu melakukan pengecekan pada oli mesin, oli rem, oli matic, air radiator yang berkurang, dan yang terpenting pastikan ada kebocoran yg serius atau parah atau tidak sama sekali.

Tak hanya itu, oli rem dan air radiator juga perlu menjadi perhatian, karena tidak ada toleransi kebocoran sama sekali. Hal itu menjadi keharusan karena berbahaya bagi keselamatan berkendara dan risiko mesin overheat.

Dalam banyak pengalaman, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi kadang abai akan kesehatan kondisi kendaraan yang digunakan. Mereka tidak lagi mengecek kesehatan kendaraan karena mereka berpendapat ketika kendaraan nyala, maka kendaraan dalam kondisi yang prima.

Berkaitan dengan itu, pemudik perlu melakukan pengecekan ke bengkel terdekat demi alasan keselamatan pengguna dan juga orang lain.

Sebagai catatan untuk pengguna kendaraan matic, jika mengalami masalah kebocoran pada pelumas transmisi dan tidak sampai menetes, tidak perlu khawatir, karena masih aman.

Sekedar tahus saja, puncak arus kembali ke Jakarta terjadi pada 14 dan juga 15 April, sehingga pengecekan kendaraan perlu dilakukan saat ini sebelum perjalanan.

Perlu menjadi perhatian, untuk menghindari kemacetan yang panjang, pemudik yang hendak kembali ke Jakarta, diimbau untuk kembali lebih awal untuk menghindari kepadatan. (elk)

TERKINI
Renault Alihkan Fokus Pengembangan Otonom ke Bus Tanpa Pengemudi Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu