KTM 125 Duke 2024, Motor dengan Teknologi Keren yang Bisa Bikin Penggemarnya Bertekuk Lutut!

Senin, 15/04/2024 16:53 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sungguh menakjubkan, bukan hanya banyaknya fitur yang Anda dapatkan pada KTM 125 Duke learner-legal naked yang baru, tetapi juga kesan keseluruhannya yang berkualitas dan daya tarik visual yang luar biasa.

Motor ini mengalahkan semua rivalnya dan para remaja yang memiliki SIM A1 akan membanjiri pintu dealer KTM.

Dengan motor 125 berlegalitas A1, tenaga tidak terlalu penting, jadi yang terpenting adalah motor ini harus menonjol dan dengan garpu terbalik, gaya yang berani, teknologi keren, dan potensi pengendalian yang bisa membuat Anda bertekuk lutut, 125 Duke unggul dalam kategori ini.

Dan untuk membuat para orang tua yang khawatir tetap senang, motor ini bahkan memiliki beberapa bantuan keselamatan canggih termasuk ABS yang responsif terhadap sudut - yang dapat Anda matikan untuk melakukan selip ketika mereka tidak ada di sekitar Anda untuk membuat pasangan Anda terkesan!

Kualitas berkendara & rem

Dukes adalah motor telanjang yang sporty dan tidak terkecuali 125. Sangat ringan, dengan sasis dan swingarm yang baru, Duke mini dapat melibas tikungan dengan sentuhan yang paling ringan dan terasa mantap saat dipinjamkan berkat velg lebar dan ban Michelin Road 5 yang berkualitas.

Mudah dikendarai di dalam kota, sangat santai dan ketinggian jok baru yang lebih rendah 30mm (KTM menjual peninggi jok 20mm jika terlalu rendah) akan meyakinkan pengendara baru.

Untungnya, meskipun memiliki sasis baru, Duke masih memiliki kesan `motor besar`, yang berarti pengendara yang lebih tinggi tidak akan merasa sempit.

Dan pengaturan pengereman yang baru juga sangat baik.

Dengan ABS yang responsif terhadap sudut kini menjadi standar (pertama di dunia untuk sepeda motor 125cc), yang dikawinkan dengan cakram rem depan berdiameter lebih besar, braided line, dan kaliper radial empat piston yang baru, Duke memiliki daya pengereman yang sangat baik - tentu saja lebih dari cukup untuk bobotnya yang mencapai 154kg.

Namun, terlepas dari set-up yang terlihat cukup garang ini, rem Duke memiliki rasa yang cukup untuk memastikan mereka tidak pernah mengintimidasi dan ABS-nya sangat baik.

Tancap gas dengan kecepatan yang lebih lambat dan Anda dapat melakukan sedikit stoppie, tetapi secara umum, rem ini berperilaku lebih ramah.

Untungnya, Anda masih bisa memilih `Supermoto ABS`, yang menonaktifkan ABS belakang dan memungkinkan Anda melakukan selip. Mengapa pengendara baru tidak boleh bermain-main?

Mesin

Mesin LC4c telah sepenuhnya didesain ulang dan meskipun memiliki dimensi yang hampir sama dengan sebelumnya (secara teknis lebih besar 0,1 mm dan tambahan 0,2cc), kepala silinder empat katup sekarang menggunakan SOHC, bukan DOHC model sebelumnya.

Kehilangan camshaft telah memungkinkan KTM untuk membuat kepala silinder lebih ringkas dan efisien namun tetap menghasilkan tenaga puncak A1-legal yang sama yaitu 14,8bhp dengan torsi 8,5ft.lb. Tapi apakah itu sama lincahnya? Itu masih bisa diperdebatkan.

Cukup terasa datar pada putaran rendah dan menengahnya, motor baru ini harus berada di atas 6000rpm untuk mendorong motor ke depan dan meskipun dapat mencapai kecepatan 60mph, sering kali hal ini harus dilakukan dengan kerja keras di gigi lima daripada menaikkan dan menurunkan putarannya.

Jaga agar mesin tetap berputar dan motor ini dapat melaju dengan cepat hingga 50mph namun segera kehabisan tenaga di atas 60mph, terutama di tanjakan.

Selama seharian menggebernya dengan keras, tercatat 71mpg yang setara dengan jarak tempuh sekitar 250 mil.

Keandalan & kualitas pembuatan

125 Duke (dan semua sepeda motor berkapasitas kecil KTM) dibuat oleh Bajaj, namun meskipun harganya kompetitif, tidak ada bagian yang dipotong dan seperti yang telah terbukti dalam dekade terakhir, dibuat di India tentu saja tidak merugikan penjualan KTM.

Detail-detail seperti ban Michelin Road 5 yang berkualitas, tuas rem dan kopling yang dapat diatur, kaca spion dan bodywork yang pas, membuat Duke tampil sebagai produk yang berkualitas dan tidak ada yang menunjukkan bahwa mesin baru ini akan mengalami masalah.

Meski begitu, motor berkapasitas lebih besar dari KTM masih jauh dari antipeluru dan para pemiliknya melaporkan adanya beberapa gangguan.

Nilai vs saingan

Dengan harga £4889 atau Rp.97 Jutaan, 125 Duke dibanderol dengan harga yang lebih tinggi di pasar A1-legal, namun dengan mempertimbangkan tingkat spesifikasinya yang mengesankan, KTM terlihat memiliki nilai yang sangat baik.

Honda CB125R dibanderol £4249 atau Rp.90 Jutaan, Kawasaki Z125 £4378 - Rp.82 Jutaan, Suzuki GSX-S125 £4999 (Rp.100 Jutaan), Yamaha MT-125 £5102 dan Aprilia Tuono 125 £4400 (turun dari £4650).

Dan seakan-akan itu belum cukup menggiurkan, KTM menawarkan 3,9% APR untuk HP atau 4,9% untuk PCP.

Perlengkapan

Selain dasbor TFT 5 inci baru dengan konektivitas, Duke memiliki dua mode daya, pembatas kecepatan, pengatur waktu putaran, port USB dan indikator pembatalan otomatis sebagai standar dan pemindah gigi atas/bawah sebagai tambahan opsional seharga £225,61.

Daftar add-on PowerParts KTM mencakup cakram depan bergaya gelombang, berbagai pilihan knalpot, suku cadang mesin CNC, bagasi, layar, dan banyak lagi. Ada banyak hal yang dapat menghabiskan uang saku Anda! (RF)

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern