4 Pembalap Mobil Senior Terbaik Indonesia Ini Siap Debut TCR Asia Series 2024 di Sepang International Circuit Malaysia

Selasa, 23/04/2024 20:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Empat pembalap senior terbaik Indonesia, akan melakukan debut pada kejuaraan balap mobil TCR Asia International Series 2024 di Sepang International Circuit, Malaysia, 4-5 Mei depan.

Adalah Benny Santoso, Umar Abdullah, Dypo Fitra dan Budiyanto. Benny Santoso akan mengandalkan Hyundai Elantra N TCR yang baru dibelinya  langsung didatangkan ke sirkut Sepang, dan merupakan mobil TCR keduanya. Mobil sebelumnya juga Hyundai Elantra N TCR.

Pada Kejurnas TCR Indonesia (ITCR 3600 Max) di Sentul International Circuit, Bogor, tahun lalu, Benny memenangi 3 dari 5 seri yang diikuti, serta menempati posisi runner up. 

Umar Abdullah menggunakan Honda Civic Type-R FL5 TCR, Dypo Fitra dengan Hyundai Elantra N TCR serta Budiyanto pilih Audi RS3 LMS yang juga baru dibeli dan langsung didaratkan ke Sepang International Circuit pekan lalu.

Benny Santoso tercatat paling banyak melakukan latihan, yakni dengan 3 kali kesempatan ke sirkuit Sepang, serta kabarnya telah menemukan settingan yang oke punya. Kemudian, Dypo Fitra dan Budiyanto, baru sekali melakukan latihan pekan lalu.

"Saya akan latihan hari Senin depan, karena mobil baru diterbangkan ke Malaysia besok malam. Iya, mobil saya dan mobil Pak Dypo kita angkut pakai pesawat," ujar Umar Abdullah yang sudah sangat familiar dengan lintasan 5,543 km di sirkuit Sepang.

Pasalnya, pada 3 tahun terakhir, pembalap andalan Bank BJB Delta Garage Racing Team ikut balapan di sirkuit Sepang dan selalu pulang dengan membawa piala kemenangan.

"Belum tahu haha, berusaha yang terbaik saja," senyum Umar saat ditanya target di TCR Asia International Series 2024.

TCR ASIA 2023 SEMPAT VAKUM 

Yang menarik, event TCR Asia International Series sempat vakum pada tahun lalu. TCR Asia terakhir kali diadakan pada 2022 dengan David Zhu dari Teamwork Motorsport meraih juara umum. Meski pun tidak ada seri tahun lalu, namun sebagian besar tim/pembalap memilih berkompetisi di TCR China.

Namun TCR Asia Challenge merupakan bagian dari akhir tahun lalu di Grand Prix Makau, dengan Lo Sze Ho dan Shaun Thong dari China berbagi kemenangan balapan.

Promotor kawakan David Sonenscher telah melaunching TCR Asia 2024 pada Januari lalu, dengan akan menggelar 5 seri tahun ini dan seri TCR Asia Challenge digelar di Macau pada akhir tahun 2024.

TCR Asia Series 2024 menggelar dua kejuaraan yakni Sprint Race dan Endurance Race, yang dilangsungkan terpisah.

TCR Asia akan menjalankan kalender lima event yang menampilkan total sepuluh balapan sprint, dengan dua event pembuka keduanya berlangsung di sirkuit Sepang Malaysia.

Buriram di Thailand kemudian akan menjadi tuan rumah putaran ketiga dan keempat. Terakhir di Zhejiang China.

Bersamaan itu, seri TCR Asia Endurance dimulai pada Maret sebagai bagian dari Sepang 12H, dengan balapan empat jam di Ningbo dan kemudian Shanghai 8H sebagai penutup.

“Kami sangat senang akhirnya bisa kembali ke balap TCR di Asia,” kata David Sonenscher, sang promotor kawakan asal Inggris yang bermukim di Hongkong.

“Kami terus memantau situasi selama beberapa tahun terakhir dan kami merasa ini adalah waktu yang tepat untuk memulihkan keadaan," terangnya.

“Saya telah menerima banyak masukan, juga evaluasi dari tim dan pembalap sejak Macau November lalu. Ini mendorong saya terus maju untuk mewujudkan. Sekarang kami dapat mengumumkan secara resmi, berharap segala sesuatunya akan bergerak maju secara positif,” ujar Sonenscher, dengan senyum khasnya yang bersahabat. (budsan)

 

TERKINI
Luthfi AB, Crosser Cilik Berbakat Dari Amuntai Kalimantan Selatan Brand GWM Resmikan Diler 3S Pertamanya di Indonesia Wuling Perkenalkan Cloud EV, Medium Hatchback Listrik dengan Kenyamanan Masa Depan Wuling Luncurkan Mobil Listrik Cloud EV The Future of Comfort di Jakarta, Harga Rp 398 Jutaan