Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024

Minggu, 28/04/2024 08:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Astra Otoparts Tbk (Perseroan/AUTO) mencatatkan laba bersih konsolidasian sebesar Rp475,0 miliar pada kuartal pertama 2024, tumbuh 9,7% dari laba bersih konsolidasian kuartal pertama 2023 sebesar Rp432,9 miliar.

Kenaikan laba bersih tersebut sejalan dengan meningkatnya kinerja ekspor Perseroan di tengah melemahnya permintaan domestik. Dari sisi neraca, Perseroan membukukan pertumbuhan aset sebesar 3,3% menjadi Rp20,3 triliun pada akhir Maret 2024, dibandingkan Rp19,6 triliun pada akhir Desember 2023.

Seiring dengan itu, jumlah liabilitas juga tercatat mengalami kenaikan sebesar 2,7% menjadi Rp5,2 triliun pada akhir Maret 2024, dari sebelumnya Rp5,1 triliun pada akhir Desember 2023.

Segmen Usaha Manufaktur

Pada segmen usaha manufaktur, Perseroan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis ternama dunia untuk memproduksi berbagai macam produk suku cadang yang melayani hampir seluruh pabrikan otomotif dan pasar suku cadang pengganti di Indonesia, baik untuk kendaraan roda dua, roda empat.

Perseroan juga telah melakukan diversifikasi ke industri nonotomotif seperti alat kesehatan, pertambangan, dan kereta api.

Selain diversifikasi, Perseroan telah memproduksi komponen kendaraan listrik untuk roda dua dan roda empat, serta memproduksi mesin pengisian daya Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan merek Altro.

Sepanjang kuartal pertama 2024, segmen usaha manufaktur Perseroan membukukan penurunan pendapatan bersih sebesar 16,7% menjadi Rp2,4 triliun, dibandingkan kuartal pertama 2023 sebesar Rp2,9 triliun.

Segmen Usaha Perdagangan

Segmen usaha perdagangan Perseroan didukung jaringan distribusi domestik, ekspor, dan jaringan perdagangan ritel modern, yaitu Shop & Drive, Super Shop & Drive, Shop & Bike, Motoquick, Aspira Motoquick, dan Astra Otoservice.

Perseroan juga mempunyai platform perdagangan digital www.astraotoshop.com yang menjual produk otomotif dan nonotomotif, dan yang terbaru jaringan pengisian daya KBLBB Astra Otopower.

Sepanjang kuartal pertama 2024, segmen usaha perdagangan Perseroan mengalami kenaikan pendapatan bersih sebesar 5,3% menjadi Rp2,2 triliun, dibandingkan kuartal pertama 2023 sebesar Rp2,1 triliun.

Perseroan masih akan berfokus pada segmen usaha manufaktur dan perdagangan yang menjadi core business Perseroan, dengan terus melakukan inovasi serta mengembangkan produk-produk baru baik dalam industri otomotif maupun non otomotif, termasuk elektrifikasi.(elk)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh