OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag

Minggu, 28/04/2024 17:08 WIB

mobilinanews (Palopo) - Jam terbang tidak bohong. Itu dibuktikan sekaligus Andi Gilang, pembalap Andalan Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta yang menjuarai balapan 1 kelas OP1 Expert.

Iya, meski start dari urutan 10, namun rupanya itu tidak menjadi masalah bagi pemilik nama lengkap Andi Farid Izhar untuk segera berada di urutan terdepan.

Terjadi persaingan sangat sengit antara Andi Gilang dengan Fahri Sandi di tengah lomba, dari total 20 lap yang harus diselesaikan.

Apalagi kemudian mulai turun hujan. Terjadi sekurangnya 2 kali, terjadi saling menyalip perebutkan posisi terdepan antara sesama pembalap Sulawesi Selatan itu.

Namun, Andi Gilang yang pernah mengenyam kerasnya balapan Moto2 di Eropa selama 2 tahun dan pekan lalu juga menyabet podium 2 di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Superbike 1.000 cc, menyudahi balapan sebagai finisher P1 relatif mudah.

Toh, 6 lap jelang finish, ketika hujan turun semakin lebat, Andi Gilang merasa perlu menyampaikan kode bahwa balapan tidak layak dilanjutkan. 

Andi Gilang, Rudy Hadinata dan kru ART Yogyakarta meluapkan kegembiraan dalam suasana hujan di Sirkuit Motorsport Ratona Kota Palopo

Andi Gilang, putra Sulawesi Selatan kelahiran Bulukumba, menunjuk kaca helmnya dengan tangan kirinya beberapa kali. Sayangnya, kondisi hujan deras dan balapan malam pula, membuat pemandangan sangat terganggu.

Jelang finis 3 lap, Race Director kemudian mengibarkan Red Flag tanda balapan dihentikan. Dengan kondisi balapan yang telah berlangsung lebih dari 2/3, Andi Gilang pun otomatis menjadi pemenangnya.

Sadikin Aksa selaku Waketum Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat menyerahkan kemenangan trofi kepada para juara di podium, dalam kondisi hujan. 

Juara ketiga Rio Andrianto (Gunung Selatan RMS RCB Proliner Racing Team), juara kedua Fahri Sandi (Hasbi Sipatuo Boss IMBI Tri Multi Hotel Racetech), dan juara 1 Andi Gilang (Astra Racing Team Yogyakarta). (bs)

TERKINI
Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Dunia SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor MotoGP 2024 Prancis: Rivalitas Marquez Versus Martin Lanjut ke Barcelona, Penentuan Siapa ke Tim Pabrikan Ducati