Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024

Jum'at, 03/05/2024 09:24 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Seiring meningkatnya jumlah pemudik yang melakukan perjalanan di tahun 2024, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga turut mencatat peningkatan permintaan service kendaraan selama periode layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024.

Pelayanan 10 hari (5/4 – 14/4) ini menerima respons positif dari 6.080 pelanggan, atau meningkat sebesar 56% dibandingkan Bengkel Siaga tahun sebelumnya (2023). Lokasi yang strategis dan kelengkapan pelayanan yang ditawarkan diyakini menjadi faktor pendukung tingginya minat masyarakat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Hariadi, Assistant to Service Dept. Head PT SIS, mengungkapkan kegembiraannya terhadap sambutan baik dan kepercayaan masyarakat pada layanan Suzuki.

“Kehadiran Bengkel Siaga Suzuki di 66 titik sepanjang Sumatera - Jawa - Bali kami tujukan agar pelanggan bisa mudik dengan nyaman dan tenang karena tahu Bengkel Siaga Suzuki siap siaga dan berada di lokasi strategis yang dapat dengan mudah ditemui selama perjalanan mudik, bahkan saat melalui rute alternatif sekalipun. Peningkatan permintaan layanan service tahun ini juga membuktikan pemilihan titik yang sudah tepat, penyediaan fasilitas lengkap dan nyaman, serta mekanik yang handal dan tersertifikasi sehingga pemudik mempercayakan kendaraannya pada Bengkel Siaga selama perjalanan,” ungkap Hariadi.

Pada tahun 2024 ini, Suzuki menghadirkan layanan Bengkel Siaga sebanyak 56 outlet untuk mobil dan 10 outlet untuk sepeda motor yang tersebar di Sumatera - Jawa - Bali.

Dari tingginya penggunaan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik, tercatat pemanfaatan layanan service mobil di Bengkel Siaga Suzuki telah menembus angka 5.634 pelanggan dengan permintaan terbanyak berupa layanan periodical maintenance sebesar 80% yang termasuk di dalamnya pengecekan dan perbaikan ringan kendaraan seperti ganti oli, coolant, filter AC, rem, dan lainnya.

Sedangkan pada layanan service sepeda motor diminati oleh 446 pelanggan. Berdasarkan data yang diperoleh, 70% pengendara motor hanya membutuhkan bantuan service ringan.

Sejalan dengan hasil rekayasa sistem ganjil genap, one way, dan edukasi perjalanan oleh pemerintah, ditemukan persamaan pola kehadiran pelanggan ke Bengkel Resmi dengan peta persebaran pemudik pada tahun 2024 yang berhasil terdistribusi dengan baik.

Data PT SIS menunjukkan tingginya permintaan service yang merata di tanggal 5 – 8 April. Terdapat catatan bahwa outlet yang berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat merupakan lokasi layanan Bengkel Siaga yang paling dimanfaatkan oleh pelanggan setia Suzuki. Hal ini didukung oleh lokasi outlet yang strategis dan behaviour pelanggan yang melakukan pengecekan kendaraan kembali setelah sampai di lokasi mudik.

Manfaat dari keberadaan Bengkel Siaga yang dirasakan oleh masyarakat pun diungkapkan pula oleh pelanggan yang berkunjung langsung dan menggunakan layanan dari Suzuki. Pak Ade yang berasal dari Bandung dan akan mudik ke Garut menyampaikan kepuasannya terhadap layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024.

“Bengkel ramai sekali menjelang mudik. Tapi saya puas karena menunggu tetap nyaman, juga pelayanannya ramah dan cepat. Lalu saya juga tenang karena ada banyak lokasi bengkel siaga Suzuki di sepanjang jalan mudik saya jadi lebih aman rasanya,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang telah dirangkum oleh PT SIS, program Bengkel Siaga tahun ini turut diikuti oleh berbagai generasi dan tahun produksi mobil Suzuki, dimana sebagian besar dari pemiliknya memanfaatkan kesempatan ini karena merasa program Bengkel Siaga menguntungkan.

Setidaknya terdapat 42% dari peserta Bengkel Siaga merupakan pemilik mobil Suzuki berusia di atas 3 tahun. Hal tersebut turut diyakini sebagai salah satu bukti kesetiaan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan dan kualitas Bengkel Resmi Suzuki, walaupun mobil yang dimiliki sudah melewati masa warranty yang diberikan.

Keselamatan dan kenyamanan perjalanan mudik merupakan tanggung jawab seluruh pengguna jalan. Oleh sebab itu, Suzuki turut berkontribusi menghadirkan Bengkel Siaga untuk layanan darurat yang dapat diandalkan oleh segenap pelanggan.

“Tentu Suzuki selalu berkomitmen untuk terus menjaga mutu dari produk serta pelayanan yang kami berikan. Kepercayaan yang tinggi dari pelanggan terhadap layanan yang kami berikan pada Bengkel Siaga 2024 ini menjadi sebuah motivasi bagi Suzuki untuk bisa selalu memberikan yang terbaik kepada seluruh pelanggan setia,” tutup Hariadi.

TERKINI
Sukses Ciptakan Bintang Masa Depan, Asian Talent Cup Merayakan Hari Jadinya yang Ke-10 Tahun Yamaha dan Honda Gelar Tes Privat di Mugello Mulai Hari Ini, Service Motor Matic di AHASS Jakarta-Tangerang Dapat Diskon BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih