Bos McLaren Zak Brown Prediksi, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen?

Sabtu, 04/05/2024 22:36 WIB

mobilinanews (AS) - Sesi sprint race GP Miami di AS, sepertinya tak begitu menarik diulas media. Begitu pun prediksi raceday pada Minggu (5/5) atau senin (6/5l dinihari WIB. Tak lain karena dominasi Max Verstappen semakin nyata.

Kepergian desainer top Adrian Newey dari Red Bull Racing (RBR)  justru lebih menyita perhatian. Begitu banyak pengamat yang membuat ulasan.

Bos McLaren Zak Brown pun  bahkan merasa perlu bikin konferensi pers di sela kesibukan di GP Miami, hanya untuk memberikan pandangannya. Kepergian Newey, katanya, adalah awal dari eksodus personel RBR lainnya, salah satunya adalah potensi kepergian Veratappen. Akan ada efek domino.

"Ini adalah kartu pertama yang jatuh dalam efek domino itu," katanya.

Jika 6 bulan lalu Newey ingin pergi, Brown mengaku pasti terkejut. Tapi, ketika RBR umumkan bakal pisah dengan Newey pada Rabu lalu ia mengatakan sama sekali tak terkejut.  Brown meyakini kepergian Newey erat kaitannya dengan kasus internal di RBR sejak awal tahun ini, menyangkut kepemimpinan Christian Horner sebagai Team Principal RBR.

Horner memang jadi pusat perhatian karena diduga melakukan pelecehan seksual kepada seorang staf wanitanya, juga dilaporkan bertindak kasar kepada pegawai. Isu ini lantas merembet pada perebutan pengaruh di top management tim, terutama antara Horner dan Senior Advisor Helmut Marko.

"Saya yakin kasus itu erat kaitannya dengan keputusan Adrian. Saya mengenalnya sebagai orang yang sangat berintegritas."

Ia sebut RBR akan kehilangan Newey yang disebut Brown sebagai teknisi terbaik saat ini, dengan mobil karyanya yang sudah hasilkan 13 gelar juara dunia konstruktor dan 12 gelar pembalap. Para pembalap yang sudah cicipi gelar juara dunia lewat karya Newey adalah Ayrton Senna, Alain Prost, Damon Hill, Jacques Villeneuve, Sebastian Vettel dan Max Verstappen. Dan, sangat mungkin bertambah tahun ini karena RB20 besutan Verstappen masih dominan sepanjang serial tahun ini.

"Banyak orang yang akan senang bekerja dengan Adrian dan memetik keuntungan," tegas Brown.

Ya, sejauh ini Ferrari, Aston Martin dan Mercedes seperti berebut tanda tangan Newey untuk bergabung jelang musim 2026 dimana regulasi teknis F1 berubah signifikan. Belakangan, tim Williams pun ikut berburu. 

Brown sendiri tak berminat membawa Newey ke McLaren. Alasannya, "Kami sudah sangat puas dengan line up teknisi saat ini."

Ya, meski masih jauh dengan RBR, musim ini McLaren bawa mobil yang lebih paten dari tahun lalu. Setidaknya, duet pembalap McLaren Lando Norris dan Oscar Piastri bisa bersaing dengan Ferrari, Mercedes dan Aston Martin. (rn)

 

TERKINI
BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen Resmi Dibuka, The Elite Showcase 2024 Dorong Kemajuan Industri Otomotif Indonesia Brio Dominasi Panjualan Honda di April 2024