WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo

Selasa, 07/05/2024 23:45 WIB

mobilinanews (Portugal) - Putaran kelima FIA-World Rally Championship 2024 akhir pekan ini berlangsung di Portugal, salah satu trek gravel terberat di seri dunia.

Seperti 4 seri sebelumnya, pertarungan di kelas utama, Rally1, hanya melibatkan pabrikan Toyota melalui Toyota Gazoo Racing dengan Hyundai. Baik dalam trek perburuan juara dunia perally maupun konstruktor.

Dengan harapan memetik poin konstruktor lebih banyak, Toyota bikin efek kejut di Rally Portugal. Turun dengan full team, pabrikan Jepang ini memanggil para pemegang gelar dunia Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera terjun ke Portugal.

Seperti diketahui, keduanya adalah part timer di seri WRC 2024 dan tak ikut dalam perburuan gelar perally. Ini kali pertama keduanya diturunkan bersama sepanjang musim 2024.

Mereka ditemani para perally reguler Toyota Gazoo Racing, Elfyn Evans dan Kanamoto Katsuta. Hanya saja untuk seri ini Katsuta tak masuk dalam perebutan poin konstruktor. Ia hanya berjuang untuk poin perally.

Di sisi lain, Hyundai juga mengubah formasi. Untuk kali pertama musim ini, pabrikan Korea itu mengeluarkan Dani Sordo untuk membantu perally utama Thierry Neuville dan Ott Tanak. Maklum, perally veteran asal Spanyol itu acap bermain apik di trek gravel Portugal.

Neuville yang sementara ini menjadi pemimpin kejuaraan dunia dengan keunggulan 6 poin atas Evans, mengaku dipusingkan oleh formasi pemain Toyota. Terutama dengan hadirnya Ogier dan Rovanpera sekaligus. Sangat tak mudah menyusun strategi di awal lomba pada Jumat ini.

Neuville akan start sebagai pembuka jalan. Membersihkan lintasan dari berbagai `kotoran` debu dan kerikil jika ada. Tentu itu akan menguntungkan mobil di belakangnya, terutama Rovanpera dan Ogier. Keduanya akan start dari urutan 5 dan 7, sedangkan Kanamoto di urutan 7.

"Mereka yang tampil part time berada di posisi start ideal. Saya tak terlalu percaya diri, karena pasti sangat sulit di awal," kata Neuville.

Perally asal Belgia itu pun mengaku tak berharap terlalu banyak di Portugal. Ia hanya fokus untuk mendapatkan posisi pada sesi hari terakhir (Minggu) untuk dapatkan poin sebesar yang bisa didapuk.

Kecuali jika lintasan diguyur hujan. Itu bakal mengubah situasi, dan harapannya pun melambung.

"Jika trek basah dan licin, kami bakal kencang," tugasnya.

Sayangnya, prediksi cuaca justru cerah pada sesi Jumat dan Sabtu nanti.

Daat ini Neuville dan Evans bersaing dalam perburuan gelar 2024 dengan masing-masing poin 86 dan 80. P3 dihuni perally tim M-Port Ford Adrien  Formaux dengan 59 poin.

Tak kalah seru perburuan gelar juara dunia konstruktor. Toyota tengah memimpin dengan total poin 176. Dikuntit ketat Hyundai dengan angka 169. (rn)

 

 

 

 

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak