Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Rabu, 08/05/2024 14:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Pertamina Patra Niaga, anak perusahaan dari Pertamina, telah mengonfirmasi bahwa mereka akan terus menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) sesuai dengan kuota yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk tahun 2024.

Hal ini menyusul adanya wacana sebelumnya mengenai kemungkinan penghapusan BBM Pertalite pada tahun ini.

Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, menegaskan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022, Pertalite merupakan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP).

Oleh karena itu, perubahan dalam penyalurannya harus melalui kebijakan dari Pemerintah.

"Hingga saat ini kami masih menyalurkan Pertalite di semua wilayah sesuai dengan penugasan yang diberikan Pemerintah. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," ujar Irto dalam keterangan tertulisnya.

Irto menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk tetap mengikuti dan menjalankan semua kebijakan yang ditetapkan Pemerintah.

"Prinsipnya kami akan ikuti dan jalankan semua kebijakan Pemerintah," katanya.

Berdasarkan data hingga April 2024, total penyaluran Pertalite secara nasional mencapai 9,9 juta Kiloliter (KL), dari total kuota Pertalite tahun 2024 yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebesar 31,7 juta KL.

Irto juga mengungkapkan bahwa Pertamina Patra Niaga telah mendorong digitalisasi dalam penyaluran BBM Subsidi melalui program Subsidi Tepat. Melalui program ini, transparansi penyaluran BBM bersubsidi dapat ditingkatkan, dan potensi penyelewengan di lapangan dapat dicegah.

Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication Pertamina, menekankan bahwa komitmen Pertamina dalam menyalurkan BBM jenis Pertalite sejalan dengan upaya perusahaan untuk menjaga ketahanan energi nasional.

"Dengan menyediakan BBM subsidi, Pertamina berharap dapat menjaga pemenuhan energi untuk masyarakat dan di saat yang sama menjaga perekonomian nasional," ujar Fadjar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, layanan, dan program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau mengakses halaman https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Pertamina, sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (krm)

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak