Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!

Kamis, 09/05/2024 01:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Beberapa tahun belakangan ini, warna doff menjadi populer di dunia otomotif. Tak sedikit juga pabrikan motor yang menawarkan warna doff pada lini produk teranyar mereka.

Yang perlu kita ketahui secara bersama adalah, karakter cat doff berbeda dengan yang cat glossy atau mengkilap, jadi jangan sampai melakukan kesalahan dalam perawatannya. Contohnya pada motor warna jenis doff dipoles layaknya cat glossy yang mengakibatkan dari doff menjadi glossy.

Merawat body motor berwarna doff memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlu perhatian lebih. Diantaranya jangan sering terpapar sinar matahari, akibatnya nanti warna akan bisa memudar. Bagaimana dalam perawatannya agar tak mudah pudar, berikut ini beberapa cara dan kiat merawat sepeda motor yang memiliki warna doff.

Mencuci secara teratur

Dengan mencuci sepeda motor secara teratur bisa mempertahankan warna cat bodi tetap terlihat bersih dan menghilangkan noda debu hingga aspal jalanan. Gunakanlah sabun khusus untuk mencuci sepeda motor.

Perlu diinat bahwa jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen karena bisa membuat cat motor cepat terlihat kusam. Selain itu untuk selalu pastikan menggunakan sabun dengan PH yang netral.

Penggunaan kain pembersih yang tepat

Setiap bagian motor yang dicuci alangkah baiknya menggunakan kain lap yang berbeda. Misalnya kain pencuci untuk bagian bagian roda dan mesin, bedakan dengan bagian bodi motor.

Hal ini bertujuannya agar kotoran yang sudah menempel di lap karena membersihkan roda, tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor. Kotoran halus yang tetap menempel pada lap akan menimbulkan baret dan garis-garis halus pada cat motor.

Permukaan cat doff lebih kasar dari cat metalik atau glossy sehingga dibutuhkan kain halus dan lembut agar tak membuat cat tergores atau baret. Ingat, lap bodi motor saat basah.

Parkir di tempat yang teduh

Menjadi salah satu yang tidak kalah penting, usahakan mencari lokasi parkir di tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari. Sering terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat warna cat doff pada bodi sepeda motor akan lebih cepat kusam.

Gunakan cover atau sarung motor untuk melindungi cat body motor dari sorotan sinar matahari,sehingga tidak membuat cat motor kusam. Jika harus parkir di bawah pohon, waspadai kemungkinan terkena getah, kejatuhan ranting atau buah serta kotoran hewan yang dapat menyebabkan kerusakan warna pada cat.

Menggunakan Cairan Khusus Pembersih

Cairan poles waterbase lebih aman bagi cat berwarna doff dan tidak menimbulkan efek glossy. Karena itu, carilah cairan atau treatment khusus untuk motor warna doff. Karena cairan khusus warna doff biasanya membuat permukaan doff semakin tebal sehingga tekstur doffnya jadi semakin terlihat.

Cara membedakannya obat poles berbahan dasar air dan minyak cukup mudah, rasakan perbedaannya dengan jari atau telapak tangan. Jika tangan terasa licin bisa dipastikan obat poles itu menggunakan bahan dasar minyak. Tapi jika tidak terasa licin dan cepat menguap, itu artinya obat poles tersebut menggunakan bahan dasar air.

Dengan hal tersebut, Purewax sendiri hadir untuk para pecinta otomotif Indonesia dengan produk andalan, yaitu Purewax Waterless Wash merupakan semprotan hidrofobik pembersih all in one, pembersihan tanpa air yang dapat membuat kilau dan aman untuk semua lapisan cat.(elk)

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak