WRC 2024 Rally Portugal: Dani Sordo Is Back! Pimpin Hyundai Finish 1-2-3

Jum'at, 10/05/2024 01:35 WIB

mobilinanews (Portugal) - Tak sia-sia Hyundai Motorsport membangunkan Daniel 'Dani' Sordo dari 'tidur' panjangnya. Perally Spanyol itu jadi buah bibir di sesi shakedown Rally Portugal, Kamis (9/6).

Perally veteran Spanyol itu sudah 7 bulan tak mengaspal di serial WRC.

Terakhir pada Rally Jepang 2023. Di putaran ke-5 serial musim ini, Hyundai memasang Sordo di mobil ketiga Hyundai i20N mendampingi perally reguler Thierry Neuville dan Ott Tanak. 

Jelas sekali motivasi tim pabrikan Korea ini, bahwa Sordo dipasang guna mengatrol poin konstruktor melawan tim Toyota Gazoo Racing.

Maklum, reputasi Sordo cukup keren di Portugal yang lintasan gravel dan antusiasme penontonnya salah satu yang menonjol di serial WRC.

Pesona Sordo pun tampak di hari pertama Rally Portugal dengan status tercepat di sesi pemanasan. Wrc.com menuliskan aksinya nya dengan judul Sordo is back!

Ia layak dipuji. Meski absen cukup lama, tampak sekali pengalaman dan penguasaan Sordo di trek Portugal masih membekas.

Ia yang justru memimpin Hyundai mencapai garis finish dengan status 1, 2 dan 3. Unggul 0,5 dan 0,9 detik atas Tanak dan Neuville.

Toyota yang turun full team lewat Sebastien Ogier, Kalle Rovanpera, Elfyn Evans dan Kanamoto Katsuta layak terkejut oleh aksi Sordo. Ogier berada di P4 , sedangkan Katsuta dan Evans tercepat 6 dan 7.

Sang juara dunia bertahan, Rovanpera, harus puas di P8 gegara kendala teknis pada sistem hybrid di Yaris GR Rally1 besutannya.

"Saya benar-benar senang berada kembali di kokpit mobil, terlebih di Portugal. Ini reli mobil yang selalu menggairahkan peserta maupun penonton," ucap Sordo yang tiga kali naik podium dari 4 seri Portugal terakhir.

Tentu saja ia punya target menjadi juara tahun ini setelah sebelumnya 2 kali runner up dan sekali podium 3.

Tapi, masih terlalu jauh untuk prediksi peluangnya karena pertarungan sesungguhnya belum berlangsung dalam 22 Special Stage (SS), sementara SS1 saja masih berlangsung saat artikel ini dibuat.

"Pikiran saya jadi juara. Setidaknya meraih poin signifikan untuk tim," imbuhnya.

Seperti Ogier dan Rovanpera di Toyota, Sordo juga perally paroh waktu di Hyundai. Hanya diturunkan dalam beberapa seri 2024. Karena itu nama Neuville dan Evans tetap paling seru dari kerasnya rivalitas di kejuaraan dunia. (rn)

 

 

 

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!