20 Tim Mahasiswa Indonesia Ikut Lomba Irit Shell Eco-Marathon Asia 2016

Senin, 29/02/2016 19:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bermaksud mengulang sukses tahun lalu di ajang Shell Eco-Marathon Asia, tahun ini sebanyak 20 tim mahasiswa dari 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berasal dari 10 kota di Indonesia akan ikut ambil bagian menjadi Tim Shell Eco-Marathon Indonesia (SEM) 2016.

Pertarungan adu irit kendaraan buatan ini akan berlangsung di Manila, Filipina, 3-6 Maret mendatang. Jumlah peserta yang dikirim oleh Indonesia adalah kedua terbesar setelah tuan rumah Filipina yang menurunkan 28 tim. Lebih dari 100 mahasiswa dari 17 negara Asia, Timur Tengah dan Afrika akan hadir pada ajang bergengsi ini.

Shell Eco-Marathon Asia merupakan wujud komitmen Shell membantu dunia memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat melalui kerjasama erat dengan para pelajar, mitra dan pihak terkait lainnya. Peserta akan ditantang meningkatkan efisiensi energi di lingkungan perkotaan dengan mencari mobil yang bisa mencapai jarak terjauh dengan hanya menggunakan satu liter bahan bakar, bukan berdasarkan kecepatan mobil.

”Komitmen Shell adalah memenuhi kebutuhan pelanggan kami di berbagai sektor, termasuk sektor transportasi secara berkesinambungan. Meningkatnya jumlah kebutuhan energi transportasi global tahun 2050 mendatang, dunia membutuhkan mobilitas yang lebih hemat energi, ramah lingkungan dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan," sebut Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia.

20 tim mahasiswa Indonesia ini akan berlaga di pertandingan on-track pada kategori kendaraan Prototype dan UrbanConcept serta dalam sub kategori berbagai sumber energi. Juga dalam pertandingan off-track yang terdiri dari Communications Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Innovation Award, Safety Award serta Perseverance & Spirit of the Event Award.

"Keikutsertaan mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia 2016 ini menjadi sangat penting karena mereka membantu mengatasi permasalahan dunia dengan menciptakan kendaraaan hemat energi, ramah lingkungan serta memperhatikan aspek keselamatan,” pungkas Darwin. (Zie)

TERKINI
OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya