Lamborghini Centenario Siap Menantang Ferrari dan Porsche 918

Rabu, 02/03/2016 22:24 WIB

mobilinanews (Italia) - Sebagai hadiah merayakan ulang tahun ke-100 sang pendiri yaitu Ferucio Lamborghini, dengan merilis pengganti hypercar Veneno dalam ajang Geneva Motorshow 2016. Dinamai Centenario.

Siap menantang Ferrari La Ferrari dan Porsche 918 adalah misi terselubung dari pembuatan mobil hypercar ini.

Seolah membuang Mclaren P1 yang seharusnya tidak masuk ke dalam golongan 3 hypercar paling "suci" bernama Holy Trinity.

Holy ini dibekali chassis monocoque dan body dari serat karbon, dengan bobot keseluruhan 1520 kg, atau 55 kg lebih ringan dari Aventador yang menjadi basisnya.

Secara keseluruhan, body nampak lebih tajam dan agresif dan sektor aerodinamika dirancang lebih efisien dibandingkan Veneno. Mengadopsi lebih banyak winglet, splitter, inlet dan diffuser dengan tiga pipa knalpot di tengahnya.

Pada kaki-kaki mengandalkan velg 20 inci di depan dan 21 inci di belakang, berbalut ban Pirelli Pzero yang dikembangkan khusus juga untuk mendukung fitur rear wheel steering.

Unsur utama untuk membunuh 2 mobil hypercar sebelumnya adalah mesin. Dapur pacu 6500cc V12 bertenaga 770 dk mampu melesatkan mobil ini dari 0-100 km/jam hanya 2.8 detik.

Ini jelas mengalahkan La Ferrari dan setara Mclaren P1. Hanya saja belum bisa mengalahkan 918 yang meraih 2,5 detik. Kecepatan puncaknya adalah 350 km/jam.

Mobil ini dibuat sebanyak 40 unit yakni masing-masing 20 Coupe dan 20 Roadster. Sayangnya, mobil seharga Rp 25 miliar ini sudah ludes terjual.

Nah loh. (Teks Berto Pramadya)

 

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok