Sidarto SA Instruktur Spesialis Calon Pebalap Wanita

Jum'at, 04/03/2016 03:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jam terbang tinggi menentukan prestasi. Hal inilah yang diyakini o mantan pebalap mobil kawakan, Sidarto Sosro Atmodjo (SA), yang notabene adalah ayahku sendiri. Wajar, ketika 21 tahun lalu aku memutuskan belajar balap mobil, beliau sangat antusias.

Memulai karir di dunia balap sejak tahun 1967. Berbicara mengenai prestasi, ratusan piala telah dikoleksinya. "Pertama ikut balap motor, bawa motor Yamaha 100 cc dan Lambretta 125," tutur pebalap yang akhirnya banting setir ikut kejuaraan balap mobil pada tahun 1978.

Selain terjun balap, juga aktif sebagai instruktur balap mobil. "Yang paling menantang adalah jadi instruktur pebalap cewek," ungkap bapak 3 anak, yang semuanya terjun sebagai pebalap mobil (Rally Marina, Sylvia SA dan Andara SA)

Tidak semua orang yang piawai di balap mobil bisa mengajar. Apalagi menjadi instruktur bagi calon pebalap mobil, khususnya wanita.

"Butuh kesabaran tinggi. Apalagi kalau mau turun di kejuaraan umum yang lawannya laki-laki. Bagaimana caranya supaya mental kuat saat balap, itu yang paling jadi tantangan. " kata pria pemilik bengkel DART RACING di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur ini.

Lama proses pembelajaran, menurutnya tergantung dari bakat dan kemauan calon pebalapnya. "Kalau berbakat dan tekadnya kuat, latihan 3 kali seminggu selama 2 bulan, sudah bisa ikut balap," ungkap suami dari Suzy Suzanne, yang juga sempat melatih artis Debby Sahertian untuk persiapan turun di kejuaraan balap mobil Ford One Make Race tahun 2008 lalu.

"Pertama harus diformat ulang dulu kebiasaan nyetir di jalan. Ada beberapa yang saya ajari, punya kebiasaan menikung sambil menginjak kopling. Dan parahnya saat harus belok, posisi tangan suka kusut," cerita pria kelahiran 5 Agustus 1953 ini, sambil tertawa.

Wah, bukan aku dong ? (Teks/Foto: Rally Marina)

TERKINI
Perluas Ekspansi Pasar, Goodyear Kini Punya Toko Online di e-Commerce April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia! Tips Membeli Mobil dengan Sistem Kredit, Pertimbangkan Aspek-Aspek Ini Harga Toyota Calya Bekas Kini di Bawah Rp100 Juta, Rekomendasi Mobil Murah dan Muat Banyak