Konsumen Condong Pilih SUV, Penjualan Sedan Honda Melempem

Senin, 07/03/2016 13:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Seperti yang diketahui, sedan menjadi model yang kurang populer di pasar Tanah Air beberapa tahun belakangan ini. Hampir seluruh merek otomotif di Indonesia yang berjualan model sedan seakan tidak mampu membendung popularitas model SUV yang kini begitu diminati oleh konsumen Tanah Air. Hal tersebut juga berlaku bagi merek Honda.

Selama bulan Februari 2016, cuma Honda City satu-satunya model sedan merek Honda yang bisa jualan dengan penjualan 113 unit. Model lainnya seperti Civic, Accord dan sport sedan Honda CR-Z tidak masuk dalam daftar penjualan merek Honda.

Khusus untuk Honda CR-Z sendiri, rencananya PT Honda Prospect Motor (HPM) akan melakukan penyegaran model ini pada hari Selasa besok, (08/03), demi merangsang minat konsumen untuk membeli sport sedan yang dirilis di Indonesia pada tahun 2012 ini.

Berbanding terbalik dengan segmen SUV, Honda Indonesia menunjukkan betapa produk SUV mereka sangat laris. Dua model baru, Honda BR-V dan HR-V memberikan kontribusi besar dalam penjualan Honda di dua bulan pertama 2016. Keduanya sama-sama mencatat angka penjualan yang cukup tinggi.

Di bulan Februari 2016, Honda BR-V mencatat angka penjualan 5.575 unit dan Honda HR-V sebanyak 4.226 unit. Tambahan penjualan ini membuat angka total penjualan Honda BR-V kini menembus angka 12.202 unit. Sementara Honda HR-V meraih total penjualan 8.827 unit untuk periode dua bulan pertama 2016.

Di segmen MPV, Honda Mobilio juga berhasil menunjukkan tren positif dengan angka penjualan 3.825 unit untuk bulan Februari. Lebih besar dibanding angka penjualan pada bulan Januari yang hanya mencapai 2.904 unit.

“Penjualan Honda di dua bulan pertama ini merupakan awal yang sangat baik untuk tahun ini. Terutama karena penjualan di segmen SUV, khususnya model terbaru Honda BR-V yang memberikan kontribusi signifikan. Kami akan mengimbangi antusiasme konsumen ini dengan meningkatkan layanan purna jual, termasuk dengan terus memperluas jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia,” sebut Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Model lainnya, Honda Brio Satya menyumbang penjualan sebanyak 2.055 unit, sementara Honda Jazz membukukan angka penjualan sebesar 1.021 unit, disusul oleh New Honda Brio dengan angka penjualan 796 unit. Honda CR-V yang baru saja melakukan penyegaran pada fitur audionya awal tahun ini, meraih angka penjualan 761 unit dan Honda Freed menyumbang penjualan sebesar 128 unit.

Secara keseluruhan, di Februari 2016, Honda meraih angka penjualan sebesar 18.500 unit di seluruh Indonesia dengan angka total penjualan 2016 mencapai 37.904 unit. (Zie)

 

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen