Pabrik Mesin Toyota Karawang, Pertama di Dunia Berkonsep `Through Line`

Selasa, 08/03/2016 09:30 WIB

mobilinanews (Karawang) - Toyota Indonesia baru saja meresmikan pengoperasian fasilitas produksi ketiganya di Karawang, Jawa Barat atau yang kelima di Indonesia. Toyota Karawang 3 Engine Plant ini dirancang secara modern dan berteknologi terkini khusus untuk memproduksi mesin terbaru Toyota, R-NR. Serta demi tercapainya efisiensi tinggi yang menjadi bagian dari upaya Toyota global membangun pabrik-pabrik yang kompetitif.

Yang paling istimewa lagi adalah karena Toyota Karawang Engine Plant 3 ini merupakan pabrik pertama di dunia yang mengadopsi konsep "Through Line" dimana seluruh proses produksi mesin yang terdiri dari casting (pengecoran), machining (permesinan) dan assembling (perakitan) berada di bawah satu atap.

"Ini tentunya akan mempersingkat waktu proses produksi dan mengurangi stok barang dalam produksi," ucap Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN di acara press conference peresmian Toyota Karawang 3 Engine Plant, Senin (07/03).  

Pabrik yang nantinya akan mencetak mesin R-NR 1.300 cc dan 1.500 cc juga berjalan dengan implementasi sistem “Inorganic Sand Core Binder” (pembakaran dengan suhu rendah dan proses pengerjaan yang lebih singkat) dan High Efficiency Burner (pembakaran efisiensi tinggi). Pabrik baru ini adalah pabrik pertama di luar Jepang yang mengimplementasikan sistem tersebut. Inorganic Sand Core Binder ini menghasilkan proses pengecoran yang bebas bau.

Sementara untuk kandungan lokal yang termuat pada setiap unit mesin yang dihasilkan sudah mencapai hingga 80%. "Sisa yang 20 persen tersebut terdiri dari rantai transmisi, katup kontrol valve, dan beberapa komponen lainnya yang masih kita impor dari Thailand. Terpaksa masih kami pasok dari luar, karena suplier kami masih belum siap hingga beberapa waktu ke depan. Jadi kita sudah maksimal di angka lokal konten 80 persen," sambung Nonami.

"Tapi yang pasti kalau harapan saya, bukan hanya 100 persen saja, tapi kalau bisa sampai 200 persen semuanya sudah lokal konten," cetusnya penuh semangat dan percaya diri.

Toyota Karawang 3 Engine Plant ini dibangun dengan menelan biaya investasi sebesar 2,3 triliun rupiah yang merupakan bagian dari komitmen Toyota Motor Corporation (TMC) untuk menggelontorkan investasi sebanyak 20 triliun rupiah sejak tahun 2015 lalu.

Hasil produksinya, mesin R-NR akan di ekspor ke 5 negara di kawasan Asia untuk dipasangkan pada model terbaru Toyota. Meski belum diungkapkan terkait model baru tersebut, namun rencananya sekitar 79.000 unit mesin R-NR di tahun ini akan di ekspor. (Zie)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap