Albert Park Sirkuit Semi Jalan Raya Langganan Seri Pembuka F1

Rabu, 16/03/2016 02:33 WIB

mobilinanews (Melbourne) - Setelah 2 sesi pengetesan di Catalunya, Spanyol, para pecinta balap mobil jet darat F1 akan kembali disuguhkan balapan pertama musim 2016 yang dimulai di Australia pada Jumat- Minggu (18-20/0).

Balapan yang digelar di sirkuit Albert Park, Melbourne ini merupakan debut perdana bagi pebalap Indonesia, Rio Haryanto.

Pebalap asal Solo itu siap berjuang mati-matian dengan pebalap lain di sirkuit sepanjang 5 km itu.

Sirkuit Albert Park sendiri merupakan sirkuit non-permanen berbasis jalan aspal di tengah taman kota. Ini juga dipakai pada sirkuit Montreal, Kanada atau lebih dikenal dengan nama Gilles Villeneuve.
Sirkuit ini memiliki 16 tikungan dan dibuka pada 20 November 1953.

Hanya saja pada 1958, sirkuit Albert Pak  ditutup untuk sementara karena alasan yang tidak jelas. Pada 1996, sirkuit ini kembali dibuka dengan beberapa renovasi demi keselamatan pebalap.

Sebagai langkah awal, Rio harus mengalahkan catatan waktu milik rekan setimnya Pascal Wehrlein dan mengalahkannya saat sesi balapan pada Minggu (20/03) nanti. Lagipula mobil Manor MRT05 memang bukan mobil biasa.

Mobil ini dilengkapi mesin juara Mercedes yang menggantikan mesin Ferrari yang dinilai gagal total pada musim 2015. Untuk transmisi sendiri, akan dipasok oleh Williams. Sementara beberapa orang penting di belakang layar siap membantu Rio.

Seperti mantan ahli aerodinamika dan mantan insinyur Ferrari F1, Nicholas Tombazis dan Pat Fry berada di dalam tim asal Inggris ini.

Semoga saja Rio Haryanto bisa meraih poin perdana musim ini dan mampu mengalahkan rekan setimnya yang berasal dari Jerman itu.

Sementara itu F1 musim ini sepertinya persaingan akan tetap terjadi antara dua tim besar, Mercedes dan Ferrari. Hanya saja, beberapa tim akan mengacaukan persaingan seperti Force India dan Williams untuk menambah keseruan perlombaan.

Akankah musim ini lebih baik dari 2014 dan 2015? Kita lihat saja nanti. (Teks Berto Pramadya)

 

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia