Ayo Rio, Taklukkan Melbourne!

Sabtu, 19/03/2016 11:08 WIB

mobilinanews (Melbourne, Australia) - Hari Minggu esok (20/03) masyarakat Indonesia tentu akan sangat antusias menyaksikan seorang "Anak Bangsa", Rio Haryanto yang untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, berlaga pada Seri pembuka Lomba F1 di Sirkuit Albert Park Melbourne. Banyak harapan, banyak asa, dan tentunya banyak doa yang mengiringi agar Rio dapat berprestasi tinggi pada race yang berlangsung esok.

Namun, bukannya meragukan kemampuan Rio,  justru kita harus menyadari kondisi yang ada. Team Manor bukanlah team yang kuat, bahkan dapat dikatakan team papan bawah pada ajang F1 ini. Bahkan musim lalu Manor tidak bisa ikut dalam dua seri F1 akibat masalah internal yang mereka hadapi.

Dari segi kendaraan, meski sudah menggunakan mesin Mercedes menggantikan mesin Ferrari pada tahun lalu, serta memodifikasi knalpot yang diklaim mampu memberikan dorongan tenaga tambahan, namun terlihat performa mobil tak beranjak jauh dari posisi juru kunci.

Belum lagi kondisi keuangan yang belum tuntas, hal tersebut tentunya ikut memengaruhi konsentrasinya saat turun balapan nanti.  

Sebagai pendatang baru di ajang tertinggi balapan `jet darat` tahun ini, Rio memang perlu beradaptasi. Kekuatan mental juga tentunya harus dipersiapkan Rio. Bagaimana tidak? Besok pagi saat start, Rio akan berada satu lintasan dengan 5 juara dunia F1 seperti Lewis Hamilton, Vettel, Alonso, Jenson Button dan Kimi.

Start di balapan mobil paling akbar, disaksikan langsung 150 ribu penonton dan disiarkan langsung ke seluruh dunia, tentu membuat lutut gemetar kalau ini menjadi pengalaman yang pertama. Oleh karena itu, masyarakat jangan terlalu berekspektasi tinggi kepada Rio Haryanto yang justru akan menambah beban mentalnya.

Kita sudah cukup bangga bahwa ada satu pemuda Indonesia asal Solo yang sanggup menembus kerasnya persaingan menjadi pebalap F1 dan akhirnya resmi masuk dalam daftar 22 pebalap resmi F1 musim 2016. Sekaligus menjadi orang Asia satu-satunya yang balapan di F1 tahun ini.

Bangga, karena "Sangsaka Merah Putih" ikut berkibar di seluruh area Sirkuit Albert Park. Bila Rio finish di depan team matenya, Pascal Wehrlein pada lomba besok, itu sudah menjadi prestasi yang luar biasa.

Prediksi dari hasil babak kualifikasi sore nanti, Pascal akan menempati posisi start di depan Rio, tapi kami berharap Rio sendiri bisa bertarung maksimal agar bisa melewati Pascal dan finish di depannya. Mari kita sama-sama berdoa untuk Rio Haryanto. Good Luck Rio - All The Best!!!. (mobilinanews team)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag