Banyak Insiden, Nico Rosberg Juarai F1 Australia 2016

Minggu, 20/03/2016 20:30 WIB


mobilinanews (Melbourne) - Ternyata awal musim ini tetaplah sama seperti musim sebelumnya yang hanya didominasi satu pabrikan saja yaitu Mercedes. Seperti yang terjadi pada seri pembuka F1 di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (20/3) yang dimenangi Nico Rosberg.

Padahal, berbagai macam cara telah dilakukan FIA untuk membendung para penggemar yang membenci tim berjuluk "panah perak" ini.  Seperti dengan perubahan sistem kualifikasi dan engine token. Tapi apa yang dilakukan badan permobilan dunia itu sia-sia.

Seri pertama F1 2016 yang dihelat pada sirkuit non permanen Albert Park, Australia tadi memang tidak semeriah balap mobil Formula E Meksiko yang dihelat pada Minggu lalu (12/03). Bila Formula E menyuguhkan balapan yang benar-benar bisa dibilang ketat dan kompetitif, maka seri pertama F1 2016 ini tidak.

Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg nampak tidak terbendung langkahnya untuk meraih kemenangan di balapan yang sempat dihentikan 15 menit karena insiden mobil McLaren Honda milik Fernando Alonso terpelanting dan menabrak dinding pembatas ‘menghajar’ bagian kiri mobil Haas Ferrari milik Esteban Gutierrez.

Alhasil, Alonso nampak baik-baik saja dan berjalan normal. Pada saat  yang sama, pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto harus mundur dari balapan karena Manor melaporkan adanya masalah driveline pada mobil MRT05.

Demikian pula dengan insiden yang dialami pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen yang akhirnya juga tidak bisa menyelesaikan perlombaan.

Rosberg sendiri sempat beradu balap dengan rekan setim sekaligus juara bertahan Lewis Hamilton dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Bahkan Vettel dan Raikkonen sukses saat start dengan langsung memimpin menjelang tikungan pertama.

Sayangnya, aksi itu hanya berlangsung sesaat dan anak dari juara dunia 1982 Keke Rosberg itu melesat jauh ke garis finish.

Pebalap tuan rumah Daniel Ricciardo yang membesut Red Bull TAG finish keempat disusul Felipe Massa yang membesut Williams Mercedes finish kelima. (Teks Berto Pramadya)

Hasil F1 Australia 2016
1. Nico Rosberg    GER    Mercedes-Mercedes    57 laps 1h 48m 15.565s
2. Lewis Hamilton    GBR    Mercedes-Mercedes    +8.0s    
3. Sebastian Vettel    GER    Ferrari-Ferrari    +9.6s
4. Daniel Ricciardo    AUS    Red Bull-TAG Heuer    +24.3s
5. Felipe Massa    BRZ    Williams-Mercedes    +58.9s
6. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari    +72.0s
7. Nico Hulkenberg    GER    Force India-Mercedes    +74.1s
8. Valtteri Bottas    FIN    Williams-Mercedes    +75.1s
9. Carlos Sainz Jr    ESP    Toro Rosso-Ferrari    +75.6s
10. Max Verstappen NED    Toro Rosso-Ferrari    +76.8s

11. Jolyon Palmer    GBR    Renault-Renault    +83.3s
12. Kevin Magnussen    DEN    Renault-Renault    +85.6s
13. Sergio Perez    MEX    Force India-Mercedes    +91.6s
14. Jenson Button    GBR    McLaren-Honda    +1 lap
15. Felipe Nasr    BRZ    Sauber-Ferrari    +1 lap
16. Pascal Wehrlein GER    MRT-Mercedes    +1 lap
Not Classified
Rtd. Marcus Ericsson    SWE    Sauber-Ferrari    38 laps completed
Rtd. Kimi Raikkonen    FIN    Ferrari-Ferrari    21 laps completed
Rtd. Rio Haryanto    INA MRT-Mercedes    17 laps completed
Rtd. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari    16 laps completed
Rtd. Fernando Alonso    ESP    McLaren-Honda    16 laps completed
Rtd. Daniil Kvyat    RUS    Red Bull-TAG Heuer    0 laps completed

 

TERKINI
Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024