F1 2016, Didominasi Tahun Bapak Dan Anak Termasuk Rio Dan Sinyo Haryanto

Rabu, 23/03/2016 23:04 WIB

mobilinanews (London) - Formula One (F1) Class of 2016 kental aroma "like father like son". Bahkan, bukan sebatas bapak dan anak sama-sama pebalap jet darat, tetapi dunia motorsport yang lebih luas.

Bahkan ada team yang kedua pebalapnya adalah putra pebalap, seperti team Scuderia Toro Rosso. Max Emilian Verstappen adalah putra dari F1 driver Jos Verstappen yang menikah dengan pegokart Sophie Kumpen.

Satu lagi adalah Carlos Sainz Vazquez de Castro alias Carlos Sainz, Jr, putra dari pereli juara World Rally Championship (WRC) dua kali, Carlos Sainz. Sang bapak, Sainz Sr, pernah berlaga di Rally of Indonesia, Sumatra Utara, tahun 1997, bersama co-driver Luis Moya.

Persis seperti Toro Rosso adalah Renault Sport F1 Team. Kevin Jan Magnussen adalah putra pebalap F1 Jan Magnussen yang berprestasi juara empat kali balap ketahanan Le Mans. Lalu satu lagi, Jolyon Carlyle Palmer, adalah putra pebalap F1 Jonathan Palmer.

Jonathan pernah menjadi test driver team McLaren yang saat itu mengontrak driver Ayrton Senna dan Gerhard Berger. Kini menjadi pemilik dan pengelola banyak sirkuit di seantero Britania Raya.

Dari Mercedes AMG Petronas F1 Team, salah satu pembalapnya, Nico Erik Rosberg adalah putra Keke Rosberg, juara dunia F1 1982 asal Finlandia.

Lalu dari Manor Racing MRT ada Rio Haryanto. Putra dari Sinyo Haryanto, pebalap veteran Nasional, yang turun di banyak cabang motorsport termasuk Rotax Max Challenge kelas master.
Saat ini menjabat sebagai ketua bidang Tembak Reaksi di Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin).

Kalau dipukul rata, harapan dari para ayah ini adalah putra-putranya bisa berprestasi. Syukur-syukur melebihi sang bapak. Tetapi, bagi Sinyo Haryanto, yang menyatakan Rio masuk F1 "seperti mimpi", harapannya jadi berlipat. Karena juga membawa aspirasi kita semua, sebagai saudaranya sebangsa.

(Ukirsari, London based contributor)

 

TERKINI
Chery dan Konsistensi Inovasi Teknologi di OMODA E5, Bukti Keseriusan Dalam Mendukung EV Indonesia Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition