Rahasia Ban Mobil BluEarth AE50 Tidak Oversteer Saat Ngerem Mendadak,

Selasa, 29/03/2016 22:13 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Dalam satu kesempatan melakukan perjalanan darat menuju kota Jogjakarta, mobilinanews merasakan langsung performa ban mobil Yokohama BluEarth AE50. Ban yang salah satu material dasarnya menggunakan ekstrak minyak kulit jeruk sebagai pengikat bahan dasar karet ini, masuk kedalam kategori ban yang ramah lingkungan.

Selain menggunakan ekstrak kulit jeruk yang berarti tidak menghabiskan sumber daya minyak yang umum digunakan sebagai pengikat karet, Yokohama BluEarth AE50 menerapkan double component silica.

Penerapan double component silica ini sebelumnya belumlah diketahui dengan pasti fungsi dan kegunaannya. Namun si karet bundar berteknologi Jepang ini, menunjukan performanya manakala mobilinanews melakukan pengereman mendadak di tol Cipali dalam kondisi hujan.

Meskipun mobil Datsun GO+ Panca yang digunakan belum mengaplikasikan sistem pengereman yang canggih, namun dapat terasa cengkraman ban melekat erat meskipun kontur jalan basah dikarenakan hujan. Gejala oversteer tidak dialami saat BluEarth AE50 dipaksa untuk mengerem mendadak.

Baca Juga: Memahami Kode Speed Index Pada Ban Agar lebih Safety

Selain pengereman, hentakan saat mobil menerabas jalan yang bergelombang maupun jalan rusak juga tidaklah terasa signifikan. Awalnya kami agak meragukan perihal korelasi ban dengan efesiansi penggunaan BBM (Bahan Bakar Minyak), namun pembuktian dapat terlihat saat sesampainya di Jogjakarta, masih tersisa 2 bar pada indikator bensin setelah mengisi full dari Jakarta.

“BluEarth AE50 memang didesain agar ban memiliki impact yang menguntungkan bagi mobil. Penggunaan komponen double silica dapat membuat ban tetap kering sehingga grip lebih optimal meskipun saat kondisi jalan basah. Pengereman frontal dapat menah efek over steer karena cengkraman permukaan sangat maksimal,” papar  Tejo Andriastono, Marketing Manager PT YHI Indonesia, selaku importer tunggal ban Yokohama di Indonesia.

Terjawab juga fakta efesiensi BBM saat melakukan perjalanan jauh. Selain desain ulir yang dapat meringankan kerja mesin disebabkan hambatan pada ban karena terpaan angin dapat terurai dengan baik, lagi-lagi double silica lah yang dapat membuat fungsi ban berpengaruh pada efesiensi BBM.

BluEarth AE50 hanyalah salah satu pilihan ban dari Yokohama yang dapat menjadi rujukan bagi Anda. Lantas bagaimana dengan porsi mobil yang lebih bongsor sekelas SUV, apakah ban Yokohama juga dapat optimal melakukan kewajibannya? tunggu ulasannya.

TERKINI
Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna;: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern