3 Musuh Utama Pelapis Jok Yang Dapat Diantisipasi

Senin, 04/04/2016 19:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Salah satu bagian utama interior mobil yang rentan rusak salah satunya adalah jok mobil. Banyak sebab yang dapat menyebabkan kualitas pembungkus jok menurun jika kita tidak sigap melakukan perawatan jok mobil ataupun melakukan pencegahan.

3 musuh utama pelapis jok yang dapat diantisipasi diantaranya, paparan sinar ultraviolet, percikan api (khususnya bagi anda yang aktif merokok didalam mobil), dan cairan baik minyak maupun air. Ketiga hal tersebut dapat membuat kualitas jok turun dan bahkan bisa berdampak buruk kepada kesehatan.

Baca Juga: Datsun GO+ Panca Lebih Nyaman Paska Ganti Pelapis Jok

Sinar ultraviolet meskipun tidak terpapar langsung ke jok dikarenakan umumnya mobil telah menggunakan kaca film yang dapat menahan paparan sinar matahari, namun terpaan jangka panjang dapat membuat permukaan jok kusam dan retak.

Nah bagi anda yang merokok dan suka sekali berkendara sambil merokok, selain tidak safety, bahaya jok bolong karena percikan bara rokok akan membuat jok tidak sedap dipandang. Sepintar apapun anda mensiasati gaya merokok di dalam kabin, tetap saja potensi percikan bara, cepat atau lambat akan melukai permukaan jok.

Cairan adalah musuh utama yang dapat berdampak kepada ketidaknyamanan berkepanjangan, bahkan bukan tidak mungkin microba yang berpotensi bertumbuhnya jamur karena jok lembab, dapat menjalar ke kulit yang menyebabkan gatal-gatal.

“Ketiga musuh utama pelapis jok tentunya langsung berdampak pada ketidaknyamanan, terlebih jika pelapis jok masih menggunakan jenis pelapis sejenis bahan kain atau kulit. Untuk amannya, sebaiknya gunakan jenis pelapis kulit sintetik,” ujar Supardi yang giat menekuni bisnis pembungkus jok Maestro Seat Maker sejak 10 tahun lalu.

Dipaparkannya, pelapis jok yang berkualitas idealnya memiliki beberapa formula yang diterapkan dan dapat menangkis 3 musuh utama pelapis jok tersebut. Fitur teknologi seperti uvprotection, fire retardant, anti-microbial yang disertai coating khusus yang dapat menyebabkan pelapis jok tidak menyerap cairan, sangatlah dibutuhkan.

Jadi jangan anggap enteng pemilihan pelapis jok yang tepat, karena kenyamanan berkendara tentunya akan berpengaruh kepada keselamatan berkendara juga loh!

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag