Bus Double Decker Produksi Indonesia Tidak Kalah Dengan Versi London

Selasa, 05/04/2016 17:43 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Masih ingatkah dengan bus tingkat di era 80-an menjadi salah satu transportasi umum idaman karena selain dapat menampung banyak orang, juga memberikan sensasi berbeda terlebih saat duduk di lantai dua. Setidaknya hal ini saya rasakan ketika naik bus tingkat.

Masuk ke penghujung tahun 90-an hingga armada favorit yang diimpor dari luar negeri ini punah. Namun belakangan ini pernahkah anda melihat armada bus tingkat yang berkelir Transjakarta disekitaran jalan Thamrin hingga kota tua? Ya bus double Decker alias bus tingkat kini kembali hadir dan memiliki fungsi sebagai bus wisata.

Melihat segi eksterior, bus tingkat “wisata kota Jakarta” ini tidak kalah dibandingkan dengan versi bus tingkat yang banyak berseliwiran di pusat Kota London, Inggris. Menggunakan basis sasis dan mesin Mercedes-Benz dengan besar tenaga hingga 420 hp, bus tingkat yang diproduksi oleh New Armada memiliki kapasitas angkut hingga 25 ton termasuk 92 orang penumpang.

“Bus tingkat HighLander ini murni di desain oleh desainer asal Indonesia dan dirakit di New Armada. Ciri khasnya kami mengedepankan desain yang futuristik. Kami telah memproduksi 8 unit HighLander yang dipesan oleh Agung Sedayu peruntukan bus wisata yang operasionalnya dipegang  Transjakarta,” ujar Djoko Susilo, Division Head PT Mekar Armada Jaya (Karoseri New Armada).

Unsur safety dan kenyamanan tentunya menjadi prioritas bagi New Armada dalam merancang bangun bus, khususnya Double Decker HighLander. Menariknya lagi, dalam setiap produksi bus, New Armada tidak merujuk kepada desain bus di luar negeri.

“New Armada selalu mengedepankan desain yang tidak umum, dan sama dengan desain bus hasil karoseri lain yang biasanya mengacu kepada desain bus kenamaan dari luar negeri. Kami ingin menekankan bahwa Indonesia juga bisa membuat bus sekelas bus di mancanegara. Untuk HighLander, kami terapkan kaca panaromik di lantai atas agar pandangan lebih luas,” ujar Dedi sang desainer HighLander.

Bus tingkat yang sudah double chamber dengan komposisi ban tidak kurang dari 12 ban dan panjang hingga 13,5 meter ini, telah mengaplikasikan sistem lampu full LED baik eksterior hingga interior, selain itu juga tersedia kapasitas duduk untuk penyandang cacat.

Menariknya lagi, saat diboyong dari Magelang ke Jakarta, bus tingkat produksi New Armada ini mampu melaju hingga 100 km per jam loh. Bagi anda yang berminat membuat bus atau kendaraan spesifikasi khusus, New Armada bisa menjadi rujukan. Untuk bus tingkat HighLander dijual dengan harga  mencapai Rp 2,750 miliar, berminat?

Coba bandingkan? gak kalah kan bus tingkat produksi New Armada!

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!