Drifting Biar Liar Harus Pantek Gardan

Rabu, 20/04/2016 02:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Ajang balap drifting sedang marak diminati, baik oleh penontonnya maupun bagi para drifter mulai dari tingkat pemula hingga profesional. Sekilas memang tampak mudah melihat aksi para drifter, namun banyak keahlian yang mesti diolah agar mobil bisa lebih liar.

“Ada beberapa kiat dasar bagi para pemula ataupun calon pedrifter yang ingin berkompetisi. Tehnik dasarnya harus bisa melakukan tehnik donut (berputar) dan dilanjutkan membuat angka delapan. Kalo ndari sisi mobil, drifting biar liar harus pantek garden,” ujar Rendy Riupasa, pedrifter nasional yang ditemui mobilinanews sesaat sebelum beraksi di ajang Drift War, IIMS 2016 pekan lalu.

Diakui pria asal Bandung ini, mobil standar sesungguhnya bisa juga digunakan untuk melakukan aksi drifting, namun untuk taraf iseng-iseng saja. Jika ingin turun kompetisi, memantek garden adalah salah satu kiat yang bisa dilakoni.

Dengan memantek garden otomatis kedua roda belakang akan berputar sehingga torsi yang dikeluarkan oleh mobil dapat membuat mobil bergerak lincah dan liar. Pantek garden hanyalah salah satu kiat diantara beberapa strategi lainnya.

“Jelasnya mobil harus memiliki tenaga besar dan bila perlu melakukan swap engine dan rubahan di dapur pacu. Selain itu sistem pengereman juga harus diimbangi agar sentakan tenaga yang keluar dapat membuat mobil oversteer dan understeer dengan mudah,” pungkas Rendy.

Diakuinya, diperlukan beberapa modifikasi mobil peruntukan drifting terkait power, penggerak roda serta sistem pengereman agar maksimal saat beraksi. Jika sayang mobil harus dikoprek, pikir dua kali deh sebelum ngedrift!

TERKINI
Sukses Ciptakan Bintang Masa Depan, Asian Talent Cup Merayakan Hari Jadinya yang Ke-10 Tahun Yamaha dan Honda Gelar Tes Privat di Mugello Mulai Hari Ini, Service Motor Matic di AHASS Jakarta-Tangerang Dapat Diskon BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih