Hasil Pengujian BBM Model Kei Car Berbeda, Mitsubishi Jepang Minta Maaf

Jum'at, 22/04/2016 13:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Mitsubishi Motors Corp (MMC) Jepang tersandung masalah terkait skandal data hasil pengujian konsumsi BBM yang melibatkan empat model kendaraan kecil (Kei Car) yang mereka produksi.

Kejadian tak terduga dan tiba-tiba ini bermula dari laporan Nissan Motor Corp (NMC) yang memasok mobil Dayz dan Dayz Rooz yang diproduksi oleh MMC. Setelah melakukan pengujian sendiri kedua model tersebut, NMC menemukan perbedaan data konsumsi BBM seperti yang dihasilkan oleh test MMC.

Berdasarkan pengecekan NMC, ternyata konsumsi BBM dua model yang mereka pasok tersebut angkanya 7% di bawah klaim MMC yang menyebutkan sektar 30 kpl.

Sontak saja hal ini menjadi sebuah masalah besar terhadap industri Mitsubishi secara global. Apalagi melibatkan brand lainnya, yakni Nissan. Dari keterangan pers resmi yang dikeluarkan oleh MMC, sejak tahun 2013, sudah sekitar 468 ribu unit Dayz dan Dayz Rooz telah dipasok oleh Mitsubishi kepada Nissan. Sementara eK Wagon dan eK Space sudah terjual sebanyak ribuan unit.

Pengetesan bersama akhirnya dilakukan, dan hasilnya MMC pun mengakui kalau ada kesalahan data yang membuat nilai running resistence (metode pengetesan konsumsi BBM) menjadi lebih baik dari semestinya.

"Dalam investigasi internal kami, ditemukan bahwa metode pengujian yang berbeda dari yang diatur dalam regulasi pemerintah Jepang dan telah diaplikasikan ke model kendaraan lain yang diproduksi MMC untuk pasar domestik Jepang," sebut President & Chief Operating Officer MMC Tetsuro Aikawa.

Menanggapi masalah serius ini, pihak MMC mengambil kebijakan dengan menghentikan produksi dan penjualan keempat model tersebut serta mendiskusikan soal kompensasi terkait masalah ini.

Pihak MMC juga akan membentuk komite yang terdiri dari para tenaga ahli eksternal untuk mendapatkan hasil investigasi yang objektif dan menyeluruh. "Kami juga akan melakukan investigasi secara menyeluruh, termasuk produk yang diproduksi untuk pasar luar negeri," tambah Aikawa.

"Kami menyampaikan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya kepada para konsumen dan pihak-pihak yang terkait masalah ini," pungkasnya.(Zie)

mitsubishi-di-jepang-ini-tanggapan-ktb/">Ini tanggapan PT KTB terkait skandal BBM Mitsubishi Jepang

TERKINI
Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024