Honda CR-V Mega Audio Jagonya Kontes

Minggu, 24/04/2016 09:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Honda CR-V  berkelir hitam yang di bagian kap mesinya bertuliskan Venom Figther ini   cukup ditakuti oleh para rivalnya. Sepanjang musim  kontes audio 2016 yang dihelat CAN ( Car Audio Network), mobil milik Bayu asal Bogor ini kerap menyabet juara di beberapa kelas. Tatanan audio beraliran SQL (Sound Quality Load)  yang tertata apik di bagian begasi itu  sengaja dirancang untuk kontes.

Adalah Ali Santoro, sang instalatur dari Mega Audio yang dipercaya Bayu untuk menggarap segala urusan audio pada mobilnya. Mulai dari pemilihan perangkat yang diaplikasikan, design box hingga tuning di tahapan akhir. “Tahap awal  melapisi peredam mulai dari bagian lantai, dinding hingga atapnya supaya bisa mereduksi suara dengan baik,” terang Ali.

Sebagai instalatur kawakan sekaligus mempertaruhakn nama besar  bengkel Mega Audio yang rajin menelurkan mobil sebagai juara  itu  menjadi taruhannya. Apalagi dirancang untuk ajang kontes, pemilihan produk yang  diaplikasikan haruslah berkualitas dan  bertaraf kontes. “Sehingga kami  putuskan untuk memilih produk semerek yaitu full Venom,  hanya head unit sebagai sumbernya mengandalkan Pioneer AVHX4750,” ujarnya.

Guna menghasilkan konsep SQL yang sempurna, Ali menerapkan sistem speaker 3way sebanyak 16 speaker yang teridiri dari 3 set tweeter seri VI64 dan VX4HT,  2 set mid range seri VI3M dan VI6.4, ditambah 2 set mid bass VX65 dan VI 6.4 serta 1 set subwoofer VX6012. Karakter suara 3way merupakan gambungan dari tweeter dan midbass baik yang ditanam di kabin  depan maupun belakang.

Frekuensi yang dihasil head unit diperkuat lewat 5 unit power amplifier 4 channel, masing masing mempunyai fungsi  berdeda. Di bagian depan mengunakan 2 set power Venom Silver 8004SI untuk tweeter dan Venom Silver seri 1000.4 untuk mid range dan mid bass.

Sedangkan belakang mengandalkan 3 power diantaranya 2 set power seri Euphoria 489EP guna memperkuat sinya pada  tweeter dan  mid bass. Kemudian seri VI 10000   mendongkrak frekuensi nada rendah yang disemburkan lewat subwoofer  berdiameter 12 inci.

Menurutt Ali, keseluruhan sound yang dihasilkan kemudian dioptimalkan dengan preamplifeier dan dua set processor venom Pandora. Fungsinya mengelola sinyal suara untuk pada  pada level tertentu.

“Sedang processoer Pandora berfungsi sebagai equalizer dan time delay. Jadi karakter kualitas suara  bisa diatur sesuai  keinginan tergantung jenis musiknya,” urai pria  yang selalu tampil sederhana dan bersahabat itu.

Selama musim kontes audio yang digelar oleh CAN, Honda CR-V lansiran tahun 2005 ini telah berhasil menggondol beberapa gelar juara  antara lain Highest dB Max sebesar 156,9 dB, CAN Loud Prosumer 2 Sub dan CAN Performace pada ajang SoundandMachine And Carnival yang berlasung di gelaran IIMS 2016 baru-baru ini.

Hemmm hebat bukan.…(Teks dan Foto Yacob)   

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag