Tips Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Minggu, 01/05/2016 17:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Zaman sekarang kebanyakan mobil sudah menggunakan transmisi matic. Selain mudah di dapat, mobil matic juga terasa nyaman saat dikendarai. Bahkan kita tidak perlu pusing mengatur tuas transmisi seperti mobil manual.

Namun biasanya mobil matic memiliki sisi kelemahan yang sangat rentan terhadap kerusakan terutama pada bagian transmisi dan mesin. Perlu Anda ketahui jika mobil matic yang sudah mengalami kerusakan, biayanya itu jauh lebih mahal daripada mobil manual.

Maka itu jika Anda tidak menjaga secara baik mobil Anda dan meremehkan segala sesuatu yang terjadi, besar kemungkinan mobil matic Anda akan mengalami masalah. Untuk itu ada tips bagaimana cara merawat mobil matic agar tetap awet dan tetap nyaman dikendarai.

 Hal yang harus diperhatikan ketika Anda mempunyai mobil matic adalah sebagai berikut.

1.Merawat mobil matic .

Lakukan uji jalan sebagai pengendara yang peduli dengan mobilnya ada baiknya beberapa bulan sekali ada melakukan tes uji jalan terhadap mobil matic Anda. Caranya cukup menjalankan mobil matic Anda seperti biasanya. Kemudian cobalah memindahkan persneling.

Anda harus merasakan perpindahan persneling tersebut dengan seksama. Jika saat memindahkan persneling keluar suara bising dan mobil agak sedikit tergoncang, berarti mobil matic Anda sedang mengalami masalah pada bagian transmisi.

Jika hal itu terjadi, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Karena dalam sebuah mobil matic transmisi merupakan bagian yang vital

2. Rajin Mengecek Oli.

Pergantian oli pada sebuah mobil matic merupakan hal yang penting. Walaupun terlihat sederhana, terkadang banyak juga yang mengabaikan hal ini. Apalagi jika Anda sering membawa mobil matic Anda ke luar kota sudah seharusnya mengecek kondisi oli.

Jika Anda membiarkan keadaan oli, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada bagian sistem transmisi matic mobil. Oli sangat berfungsi untuk melumas mesin kendaraan yang sangat berperan untuk meneruskan daya gerak mesin agar tetap lancar.

Disarankan, gunakanlah oli yang khusus untuk mobil matic atau disebut juga automatic transmision fluid. Dan di rekomendasikan melakukan pergantian jika mobil Anda sudah menempuh jarak antara 80.000Km hingga 100.000Km 3.

Memanaskan mobil sebelum bepergian memanaskan mobil sebelum bepergian merupakan hal yang sepele. Namun terkadang jika hal ini di abaikan lama kelamaan akan membuat mesin Anda sedikit terganggu, untuk itu lakukanlah pemanasan setiap pagi atau sebelum Anda berangkat ke kantor.
Tips saat memanaskan mobil, keadaan tuas transmisi harus berada di posisi N 4. Teliti dalam menggunakan persneling perawatan mobil matic yang terakhir adalah Anda harus teliti dalam menggunakan persneling. Hindari menggunakan persneling 'P' saat keadaan mobil matic belum benar-benar berhenti. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus bisa menimbulkan kerusakan pada bagian persneling mobil Anda.

Kemudian saat Anda sedang memarkirkan mobil, lebih baik hindari memasukkan persneling D. Jika hal itu terus dilakukan dikhawatirkan dapat merusak kopling mobil Anda. Cara amannya cukup dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi 'P' saat memarkirkan mobil.

Jika Anda membeli mobil matic saat pertama kalinya, ada baiknya Anda membaca buku panduan mobil matic tersebut dengan seksama. Buku panduan tersebut sangat penting karena berisi informasi tentang bagaimana cara perawatan mobil matic yang benar serta berisi informasi mengenai garansi mobil.

Itulah tips tentang tata cara merawat mobil matic yang yang baik agar tetap awet, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.  (sumber Blogis-center.com)

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag