Antisipasi Terjebak Macet Di Tol, Lakukan 3 Kiat ini!

Rabu, 04/05/2016 15:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Berencana memanfaatkan libur panjang di akhir pekan ini berlibur bersama keluarga, terjebak kemacetan pastinya akan menjadi salah satu konsekuensinya. Hari libur di Kamis dan Jumat (5-6/5) yang dilanjutkan dengan libur Sabtu Minggu, tentunya akan menjadi saat yang menggiurkan bagi masyarakat untuk pelesiran.

Antisipasi terjebak macet di tol sebaiknya dilakukan sebelum memasuki area tol, namun jika sudah terkukung ditengah kemacetan tol setidaknya ada 3 kiat yang bisa dilakukan agar lelah berkepanjangan tidak membuat perjalanan anda terganggu.

“Jika sudah terjebak di tengah kemacetan tol, bisa dimanfaatkan dengan cara melakukan relaksasi, istirahat atau mengoptimalkan prime time bersama keluarga dengan bercengkrama. 3 hal ini bisa dilakukan namun tetap mengacu kepada keselamatan berkendara loh,” ujar Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) kepada mobilinanews.

Unsure keamanan dan kenyamanan selalu menjadi prioritas, makanya disarankan oleh Jusri untuk membaca jenis kemacetan yang sedang dialami. Jika kondisi macet yang stop & go, Jusri menyarankan pengemudi untuk tetap fokus di balik kemudi. Berbeda halnya dengan kemacetan total yang membuat arus lalu-lintas di tol berhenti hingga berjam-jam lamanya.

“Macet yang stop & go tidak bisa diprediksi berapa lama mobil berhenti, jadi sebaikanya tetap waspada sebagai driver. Hal-hal kecil yang dapat dilakukan seperti melakukan stretching idealnya tetap dilakukan di bangku kemudi. Lain hal jika sudah berhenti total, pengemudi boleh saja keluar mobil untuk mengusir penat namun tetap tidak berada jauh dari mobil,” pungkasnya.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan jika memang menuntut anda keluar dari mobil, pastikan posisi mobil aman berada ditengah kemacetan, jika mobil anda berada di antrian paling belakang anda tetap harus waspada, pasalnya mobil lain yang berada dibelakang belum tentu sigap menghadapi posisi macet dibagian depan.

Kiat lain yang bisa diterapkan, janganlah sering-sering membunyikan klakson, pasalnya dalam kondisi macet orang cenderung temperamental sehingga dapat menyulut emosi pengguna jalan lainnya. Selamat berlibur, jika terjebak kemacetan di tol anggap saja macet sebagai bagian dari acara berlibur yang patut dinikmati agar tidak stress di jalan.

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!