Catatan Perjalanan mobilinanews Bersama All New Pajero Sport Menjelajah Pulau Dewata

Jum'at, 13/05/2016 15:10 WIB

mobilinanews (Denpasar) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memberikan kesempatan kepada puluhan media di Indonesia untuk melakukan eksplore lebih jauh terhadap SUV terbaru Mitsubishi, All New Pajero Sport di kawasan Bali dan sekitarnya.

Selama tiga hari melakukan perjalanan dengan jarak tempuh mencapai sekitar 300 km, tentu saja KTB berharap semua peserta yang ikut dalam media test drive All New

Pajero Sport semakin bisa merasakan keunggulan yang ditawarkan oleh SUV yang berbanderol harga mulai dari Rp 446 juta sampai Rp 623 juta ini.

mobilinanews pun jadi bagian dari grup pertama yang ikut dalam media test drive tersebut. Selama tiga hari perjalanan, 10-12 Mei 2016, mobilinanews berkesempatan merasakan nikmatnya berkendara dan menjadi penumpang di varian tertinggi All New Pajero Sport, Dakar 4x4.

Berbagai fitur sudah disematkan di varian ini, khususnya di bagian interior yang semakin mewah dengan aplikasi sunroof. Perjalanan menikmati keindahan Pulau Dewata juga akhirnya semakin maksimal.

Namun yang tentunya harus digaris bawahi adalah penyempurnaan dalam struktur suspensi All New Pajero Sport. Dengan penyempurnaan tersebut, mobil ini memiliki handling sangat baik dengan driving dynamic yang sangat berbeda, dan pastinya jauh lebih empuk.

Ini bisa dibuktikan saat mobil melaju menapaki jalur menanjak dan berkelok menuju wilayah Buleleng dari Denpasar. Handling di berbagai tikungan rasanya lebih stabil.

Apalagi saat rombongan memasuki Hutan Konservasi Bali Barat dengan kontur jalan berbatu, saat duduk di bagian baris kedua pun tidak ada goncangan-goncangan hebat yang dirasakan.

Tingkat percaya diri semakin tebal saat mengendarai All New Pajero Sport dengan sistem pengereman yang kini jauh lebih mumpuni. Memiliki brake lebih besar, kaliper lebih besar dan juga ukuran velg lebih besar (varian Dakar 4x4), membuat pengereman jauh lebih akurat, dan feeling brake pedalnya sangat positif dalam memberikan brake yang sempurna.

Performa Mumpuni Dengan Mesin Baru

Sepanjang perjalanan mengeksplore Bali bersama All New Pajero Sport, rombongan tidak hanya dihadang oleh jalan rata dan mulus, beberapa spot lokasi yang didatangi juga harus ditempuh dengan tuntutan fokus tinggi karena medannya berbelok tajam dan tanjakan yang curam. Tentu kenyamanan sangat dibutuhkan. Bukan hanya soal kenyamanan dari segi handling dan suasana interior saja, namun juga kenyamanan dalam hal performa mesin.

Dengan mesin diesel baru yang ada di All New Pajero Sport berkode 4N15, SUV ini sangat powerfull. Kemampuan mesin bertenaga maksimal 181 hp ini sudah didukung oleh teknologi Variabel Geometri Turbo yang berfungsi memaksimalkan tendangan turbo untuk dapat keluar di rpm berapapun. Hasilnya, tenaga mesin sangat konsisten, bahkan untuk putaran bawah juga responsif.

"Mesin baru All New Pajero Sport merupakan pengembangan dari mesin yang lama. Memang secara kapasitas, mesin ini lebih kecil, 2.400, sementara yang lama 2.500. Tapi dengan teknologi mesin baru, yakni MIVEC disandingkan dengan sistem VGT turbo, hasilnya adalah power yang lebih bertenaga juga efisiensi bahan bakar sangat baik," jelas Rifat Sungkar, Brand Ambassador All New Pajero Sport yang sempat ikutan di mobil yang dikendarai mobilinanews.  

Dikombinasi dengan transmisi 8 percepatan, dan ini adalah pertama kalinya di Indonesia untuk model SUV, menyempurnakan proses hantaran tenaga di setiap pijakan pedal gas.

Bahkan untuk menambah unsur kesenangannya, All New Pajero Sport menawarkan mode Triptonic yang mudah dioperasikan. Geser tuas ke sebelah kiri dari posisi D (Drive), kita sudah ada dalam posisi mengemudi dengan transmisi Triptonic, maju-mundur tuas untuk menaikkan atau menurunkan persneling. Atau bila tidak ingin meninggalkan kolom kemudi, ada Paddle Shift di kanan dan kiri stir.

Kabin Lebih Senyap

Satu lagi yang membuat All New Pajero Sport kian nyaman dibanding model sebelumnya adalah tingkat kesenyapan kabinnya. Ini memang sangat terasa sekali. Dari penjelasan Rifat Sungkar sendiri, ada 13 titik improvement pada All New Pajero Sport untuk menjadikannya lebih senyap.

Bahkan untuk melakukan improvement tersebut, insinyur-insinyur Mitsubishi harus memasukkan bahan peredam tambahan yang total beratnya mencapai 30 kg. Pertanyaannya, dengan bobot yang bertambah, tentu akan mengurangi power mesin, apalagi kapasitas mesinnya sudah berkurang.

"secara konstruksi mesin baru All New Pajero Sport lebih baik, karena block mesinnya sudah menggunakan aluminium, jauh lebih ringan. Bobot peredam tambah 30 kg, tapi bobot mesinnya turun 30 kg, plus dan minus," sebutnya.

Di sisi lain, kesenyapan kabin Pajero terbaru juga karena andil dari putaran mesin yang lebih halus dan minim getaran berkat aplikasi transmisi 8 percepatan.  

Paket Atraktif All New Pajero Sport

Jelas sekali bahwa faktor penentu seorang konsumen dalam memilih kendaraan adalah dari segi penampilan, best value for money serta fitur. Paket inilah yang coba ditawarkan oleh KTB kepada konsumen lewat All New Pajero Sport.

Desain eksterior bertema Dynamic Show menjadikan All New Pajero Sport tidak hanya sporty, tapi juga elegan dan comfort.

Dari sisi fascia, desain SUV ini benar-benar baru dan terlihat makin elegan dengan hadirnya list chrome di beberapa bagian wajah. Sementara headlamp baru yang dilengkapi dengan teknologi Daytime Running Light (DRL) menambah faktor keamanan bagi kendaraan lain, karena semakin mudah di identifikasi meski berkendara di siang hari.

Akan tetapi, menurut mobilinanews, untuk desain bagian buritan, kombinasi rearlamp kini meningalkan kesan sporty dan lebih mengarah pada konsep futuristik. Sedikit plus minus untuk hal ini, karena masih banyak konsumen beranggapan SUV itu harus memberikan kesan tangguh. Namun kembali lagi, itu tergantung dari selera masing-masing.

Kembali ke sektor kabin, mobil ini meskipun model SUV, namun sudah di desain untuk mengakomodasi 7 penumpang dewasa. Duduk di bangku penumpang baris pertama, kedua maupun ketiga, akan terasa sama nyamannya. Apalagi di baris kedua dan ketiga di desain fleksibel dengan cara dilipat untuk memberi space besar. Sehingga lebih mudah meyesuaikan kebutuhan membawa barang dan penumpang.

Semoga oleh-oleh mobilinanews dari Bali bersama All New Pajero Sport ini bisa menjadi gambaran untuk memilih SUV dambaan Anda. (Zie)

TERKINI
Bamsoet Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway Banten, Untuk Motor dan Mobil WRC 2024 Rally Portugal: 3 Toyota Teratas, Malam Ini Kalle Rovanpera dan Sebastien Ogier Fight Berebut 18 Poin Menilik Kecanggihan BYD Sea Lion 07, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Fast Charging Mengagumkan Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden