Tips Ringan Menjaga Umur dan Tampilan Speaker Mobil Anda

Minggu, 29/05/2016 11:30 WIB

mobilinanews - Speaker merupakan perangkat terakhir dari seluruh rangkaian perangkat audiomobil. Lewat speaker suara musik dan lagu favorit bisa kita dengarkan. Bahkan speaker diklaim mempunyai andil cukup besar menentukan hasil sound quality dalam kontes-kontes audio.

Sehingga keberadaannya cukup penting dan harus dijaga supaya lebih awet dalam penggunaanya. Tapi bagaimana merawat speaker audiomobil yang benar itu?

Menurut Satrio Widjaya, sebenarnya perawatan speaker tidaklah rumit. “Perawatan speaker itu bergantung dari kebersihan dan karakter user dalam memperlakukan audiomobil sehari-harinya,” katanya.

Memang, kebersihan speaker itu sebenarnya tidak mempengaruhi secara signifikan pada kualitas suara. Namun menurut Satrio, apabila speaker kotor karena kena debu ditambah zat cair makanan atau minuman yang lengket sifatnya, bisa mempengaruhi kinerja speaker menjadi lebih berat. Tentu hal ini akan sedikit mengurangi kualitas suara speaker.
 
Solusinya, cukup dengan menyediakan octan cleaner sebagai media pembersih kotoran tersebut. Namun sebelum disemprotkan, alangkah baiknya membersihkan speaker dengan kuas halus untuk menghilangan debu lebih dulu. “Kalau bisa menggunakan kuas yang dibuat menulis huruf Jepang. Soalnya, kuasnya lebih runcing dan bulunya lebih banyak dan halus,” jelas pria yang menjadi staff R&D di salah satu brand audio ini sambil menunjukan contoh kuas yang benar.

Setelah itu, baru semprotkan cleaner kesekitar konus dan area speaker lainnya. Langkah berikutnya usapkan kain lap yang halus atau tissu dengan pelan-pelan. “Usahakan searah cara mengelapnya, supaya tidak timbul gesekan beralawanan yang mengakibatkan baret pada konus,” jelasnya dengan lebih serius.

Setelah dirasa cukup bersih dan sudah tampak speaker lebih muda daripada umur pakainya, maka hidupkan audiomobil. Maka akan terasa speaker layaknya baru lagi.

Buktikan sendiri, bentuk fisik speaker jauh lebih mengkilat dan kualitas suaranya jadi lebih energik.

“O iya, tips tambahan lainnya. Biasakan di saat awal menghidupkan audio, volumenya harus kecil. Karena kalau langsung besar, speaker akan terhentak seketika. Hal ini mengakibatkan membran speaker kurang konsisten sistem kinerjanya. Ujung-ujungnya umur pakai speaker tidak bisa bertahan lama. Apalagi speaker sudah berumur lebih dari dua tahun,“ tutup Satrio menasehati mobilinanews.

Siap asup Satrio, 86 Dan...!!! (Rud)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok