Niat Jadi Pebalap, Nih Harga Racing Gear-nya

Selasa, 31/05/2016 11:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Hobi balap mobil memang suatu hal yang menantang. Dalam kecepatan tinggi, ketepatan dalam bermanuver, pengambilan keputusan yang tepat, dan banyak hal lainnya harus benar-benar didasari oleh pengetahuan serta pengalaman.

Bicara soal risiko, semua juga sadar bahwa cabang olahraga yang satu ini memang memiliki risiko tinggi. Namun semua itu dapat diminimalisasikan dengan cara tertib dalam penggunaan peranti keselamatan yang diwajibkan apabila ingin mengikuti kejuaraan balap.

Selain pemadam kebakaran, rollcage/rollbar, bucket seat, seatbelt minimal 4 titik yang menempel pada mobil balap, ada beberapa racing gear lainnya yang penting dan harus melekat pada tubuh pebalap itu sendiri. Apa saja?

Baju balap, sarung tangan, balaclava, sepatu balap, under shirt dan underwear pants. Semua itu terbuat dari material nomax yang fire-proof dan lolos standar homologasi FIA dengan adanya tanda FIA Approved.

Selain itu, hal yang sangat penting adalah HANS dan helm yang HANS-Ready, alias helm tersebut memiliki kancing untuk pegangan hans tersebut.

Kalau bicara estimasi harga dari gear balap tersebut, tentu saja range harganya sangat beragam. Karena beda merek beda standar harganya. Namun sebut saja patokannya dari merek SPARCO, produk keluaran Italy.

- Baju balap Sparco itu harganya antara Rp. 11 sampai 30 Juta
- Sepatu balap berkisar Rp. 3,5 sampai 7,5 Juta
- Sarung tangan seharga Rp. 1,8 sampai 4 Juta
- Helm HANS-Ready dengan harga Rp. 13 sampai 25 Juta, atau Helm HANS-Ready yang terbuat dari carbon dengan harga 45 Juta
- HANS FIBER Merek STAND 21 Rp. 17 juta atau yang terbuat dari bahan carbon Rp. 25 Juta.
- Balaclava non-ice cool seharga Rp. 1 Juta atau balaclava ice cool Rp 1,7 Juta.
- Undershirt Nomax harganya Rp. 3,5 Juta, dan Underwear pants seharga Rp. 2,9 Juta.

Walau terlihat mahal, namun semua racing gear ini memiliki peranan sangat penting menjaga pebalap dan meminimalkan akibat dari risiko kecelakaan yang terjadi.

So, kalau niat jadi pebalap, mending siapin dulu racing gear seperti di atas, biar hobby kalian tetap bisa jalan dan aman. Semua racing gear tersebut bisa kalian dapatkan di DRM Motorsport, Jl Panjang No 71 (ADS AUTOGALLERY) lantai 2, Kebon Jeruk- Kedoya Jakarta Barat. (Teks/Foto : Rally Marina/Model: Alinka Hardianti)

 

Keyword :

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing