Pertajam Rekor di 5 Sirkuit, Performa All New Honda Civic Type R Tambah Kencang

Jum'at, 17/06/2016 14:00 WIB

mobilinanews (London) - All New Honda Civic Type R terus membuktikan dirinya sebagai mobil Jepang dengan performa paling ajib. Baru-baru ini, Honda Civic Type R dengan konsep pengembangan “A Hot Hatch Icon Reborn: Engineered to be a race car for the road”, berhasil cetak rekor waktu terbaik sesi tes resmi di lima sirkuit dunia, Silverstone (Inggris), Spa-Fracorchamps (Belgia), Monza (Italia), Estoril (Portugal) dan Hungaroring (Hungaria).

Hebatnya lagi, penajaman rekor waktu terbaik ini dilakukan dengan mobil versi produksi massal dengan spesifikasi teknis standar.

All New Honda Civic Type R pertama kali melakukan tes di Sirkuit Nurburgring Nordschleife (Jerman) pada bulan Maret tahun 2015 lalu. Waktu tercepat yang dicatat saat itu adalah 7 menit 50,63 detik dengan spesifikasi mobil prototipe.

Tahun ini, Honda kembali melakukan test untuk All New Honda Civic Type R versi produksi massal, dimulai dari Sirkuit Silverstone. Pebalap Honda dari tim Halfords Honda Yuasa Racing Team yang juga juara tiga kali British Touring Car Championship, Matt Neal, didapuk untuk mengetes Civic Type R dan berhasil mencatat waktu terbaik 2 menit 31,85 detik.

Tes selanjutnya dilakukan di Sirkuit Spa Francorchamps, Belgia. Pebalap Inggris, Robert “Rob” Huff dari tim Castrol Honda Racing WTCC menjadi pebalap tes dan berhasil mencatat waktu terbaik 2 menit 56,91 detik.

Berikutnya di Sirkuit Monza, Italia. Waktu terbaik yang berhasil dicapai adalah 2 menit 15,16 detik yang diraih oleh pebalap Hungaria, Norbert Michelisz dari tim Castrol Honda Racing WTCC.  

Di Sirkuit Estoril, Portugal, Honda menunjuk pebalap pengemudi Safety Car WTCC, Bruno Correia untuk menjajal mobil All New Honda Civic Type R dan berhasil mencatat waktu terbaik 2 menit 4,08 detik.

Terakhir, tes dilakukan di Sirkuit Hungaroring, Hungaria. Norbert Michelisz kembali didaulat menjadi pebalap tes di sirkuit tanah kelahirannya dengan mencatat waktu terbaik 2 menit 10,85 detik.

Desain ekstrim All New Honda Civic Type R, disokong mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder dengan tenaga maksimum sebesar 310 PS pada 6.500 rpm, serta torsi maksimum sebesar 400 Nm pada 2.500 rpm, mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 5,7 detik.

Honda Civic Type R terbaru sudah mulai dijual ke konsumen pada musim panas tahun 2015 lalu. (Zie)

TERKINI
Halal bi Halal Nissan Terrano Club Sumbar Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024