Tips Mudik Aman Bersama Ibu Hamil

Jum'at, 24/06/2016 14:41 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Perjalanan jarak jauh seperti mudik lebaran tentunya memerlukan banyak persiapan, terlebih jika dalam perjalanan tersebut turut membawa serta ibu hamil (bumil). Diperlukan ekstra persiapan bagi anda para suami yang membawa serta istri tercinta yang sedang hamil.

“Sejauh usia kandungan belum terlalu besar atau di bawah 7 bulan, boleh saja bumil turut berkendara mudik jarak jauh, namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan bayi. Setidaknya selama perjalanaan mudik minimal 3 atau 4 jam bumil harus melakukan perenggangan,” ujar Dr. Denny Dhanardono, spesialis kandungan di RS Budi Jaya, Manggarai.

Ditekankan oleh dokter yang selalu tampil nyentrik ini, setidaknya ada 4 hal yang harus diperhatikan demi keamanan bumil :

  1. Bumil harus sedang tidak sakit dan dalam kondisi prima. Pastikan sebelum berangkat mudik, bumil beristirahat yang cukup dan mengkonsumsi multi vitamin peruntukan bumil dan bayi. Bawalah buah-buahan yang cukup mengandung nutrisi dan minumlah cukup air.
  2. Dalam rentang 3 hingga 4 jam perjalanan sebaiknya sempatkan untuk berhenti dan bumil melakukan perenggangan dengan keluar dari dalam mobil. Hal ini perlu dilakukan agar peredaran darah bumil lebih lancar sehingga asupan oksigen bagi bayi tercukupi dan bukalah candela sesekali agar udara dalam kabin berputar.
  3. Bila diperlukan berilah alas tambahan diatas bangku penumpang agar posisi duduk lebih empuk dan tidak terlalu terguncang. Disarankan kepada driver jangan melakukan pengereman mendadak ataupun manuver yang terlalu ekstrem selama berkendara. Begitupun ketika melintas di jalan berlubang ataupun bergelombang, pastikan melaluinya dengan smooth.
  4. Tempatkanlah posisi seatbelt berada dibagian bawah perut dan jangan melintang diatas perut. Posisi seatbelt yang melintang diatas perut dapat membahayakan khususnya jika terdapat tekanan ketika ada pengereman dadakan dan bayi dalam kandungan tentunya memerlukan ruang gerak di dalam rahim.

Keempat hal diatas dapat dilakukan sebagai antisipasi jika anda ingin bepergian bersama sang istri yang sedang hamil. Tetap aman selama berkendara yaa.

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag