Mercedes AMG GTR, Pembunuh Porsche 911 GT3 diluncurkan di Goodwood

Sabtu, 25/06/2016 18:41 WIB

mobilinanews (Goodwood)- Mercedes Benz meluncurkan varian tersangar dari AMG GT yang dinamai AMG GTR yang dilakukan di Goodwood Festivak Of Speed. "Full Throttle: The Endless Pursuit of Power" adalah slogan untuk pembunuh Porsche 911 GT3 RS ini.

Diluncurkan hari Jumat (24/06) di paviliun Mercedes-Benz World, pabrikan asal Jerman ini menyebut mobil ini merupakan varian teratas yang bisa dibilang paling baik dari semua varian AMG yang pernah diciptakan. " Kerjasama Mercedes dan AMG menciptakan produk-produk yang berkembang dari ajang balap dan dituangkan dalam

produk AMG GTR. Mobil ini dibuat dari laboratorium pengembangan mobil balap AMG dan dirancang untuk beraksi di jalan raya selain bisa digunakan dalam lintasan balap seperti halnya supercar pada umumnya" ujar  Professor Thomas Weber, Member of the Board of Management of Daimler AG.

Fokus utama dalam pembuatan mobil ini adalah mesinnya. Dapur pacu V8 berkapasitas 4000 cc twin turbo menghasilkan daya  577 dk. Ini jelas lebih besar 74 dk dari varian aslinya yang hanya  bertenaga 510 dk. Tenaga ini jelas diatas rivalnya 911 GT3 RS yang hanya bertenaga 500 dk.

Masih menggunakan penggunaan bodi alumunium bercampur serat karbon membuat mobil ini lebih ringan dari rivalnya itu. Hanya saja, bagian body dibuat lebih aerodinamis berkat pemakaian bodykit berbahan karbon fiber yang membuat mobil lebih stabil dalam kecepatan tinggi. Ohya, piranti aerodinamis ini bisa aktif sendiri jika mobil meraih kecepatan tinggi yang dinamai "active aero". Sementara bagian depan mobil mirip dengan AMG GT3 dengan bilah gril vertikal dengan tambahan sayap belakang lebih besar, knalpot baru, dan diffuser agresif yang membedakan mobil ini dengan AMG GTS.

Pada sisi kaki-kaki, mobil ini menggunakan velg berbahan alumunium  dengan ukuran 20 inchi. Untuk transmisi sendiri, supercar ini menggunakan transmisi 7 percepatan kopling ganda dengan bantuan transaxle plus limited slip differential (LSD). Jelas-jelas mobil ini selain lebih tajam dalam perpindahan gigi juga bisa ngesot (drift) berkat bantuan LSD ini.

Penggunaan double wishbone dan piranti active damping AMG Ride Control  menguatkan bagian kaki-kaki dan handling sehingga mobil ini bisa melahap tikungan lebih cepat dibandingkan 911 GT3 RS. Apalagi piranti pengeremanpun tidak main-main dengan pemasangan rem karbon keramik berukuran 15,4 inchi pada bagian depan dan 14,2 inchi pada bagian belakang. Sementara untuk harga sendiri, Mercedes membanderol mobil ini dengan harga $130,825 (kemungkinanRp 5-6 Milyar jika masuk Indonesia) dan akan diluncurkan pada 2017. Keren sangar! (Berto)

Keyword : mercedesbenz

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen