Moto2, Preview, Seri.VIII, Assen - Belanda: Pembuktian Calon Rookie MotoGP

Minggu, 26/06/2016 18:22 WIB

Mobilinanews (Assen) - Balap seri VIII kelas Moto2 di Assen harusnya jadi arena pembuktian kesiapan para calon rookie MotoGP 2017. Pasalnya memasuki akhir paruh pertama musim 2016, sudah ada kepastian dari tiga pembalap di peringkat teratas kelas medium, yaitu Alex Rins, Sam Lowe dan Johann Zarco akan naik pangkat ke Kelas Para Raja.

Alex Rins yang memimpin klasemen dengan 116 poin memang jadi rebutan terpanas. Rins akhirnya.memilih Suzuki Ecstar sebagai pelabuhannya di MotoGP 2017. Balapan kali ini jadi ujiannya, mengingat ia harus start dari grid ke-8.

Sepertinya Rins telat beradaptasi di Assen yang terkenal dengan cuaca sulit diprediksi. Spaniard muda itu pun tidak membaik.saat sesi pemanasan.sebelum lomba. Ia hanya tercepat ke-10. "Sejak awal, cuaca terus berubah. Aku sulit menentukan seting.yang nyaman. Semoga saat balap, aku bisa lebih nyaman," jelas joki tim Paginas Amarilas HP40 itu.

Sam Lowes yang sudah teken kontrak untuk Aprilia 2017 nanti, lebih mantap. Joki Amerika ini lebih pede di segala kondisi. Meski akan start dari grid ke-4, rider tim Federal Oil.Gresini itu mantab di sesi warm-up. "Aku rasa, aku sudah menemukan kunci di Assen. Semoga cuaca tidak berubah di tengah race," ujar Lowes yang duduk di posisi kedua klasemen sementara dengan 108 poin.

Tapi, Assen memang menuntut pengalaman. Dan itu ada di Johann Zarco. Sebagai juara bertahan Moto2, ia satu-satunya rider Moto2 yang pernah juara di sirkuit The Cathedral.

Zarco yang menduduki peringkat ke-3 klasemen 106 poin, ingin lanjutkan kemenangannya di Catalunya 3 minggu lalu. "Posisiku cukup.lumayan. Tapi, Thomas (Luthi, red) yang ada di pole sangat kuat. Kita lihat nanti bagaimana strategi yang baik saat balap berjalan," ulas rider tim Ajo Motorsport itu.

Siapapun dari ketiganya yang naik podium, rasanya ia layak dibaptis jadi rookie MotoGP 2017. (Teks : Aries Susanto; Foto : gpupdate)

Keyword : gp2-series

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap