Pertamina Pastikan Stok BBM Aman di Sepanjang Jalur Mudik

Rabu, 29/06/2016 13:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kondisi peningkatan jumlah pemudik yang berlangsung dari tahun ke tahun, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar di sepanjang jalur mudik akan aman.

Untuk wilayah Jawa Barat, Pertamina menjaga ketahanan rata-rata stok semua bahan bakar mulai dari H-4 hingga 32 hari berikutnya, terhitung dari hari ini, Rabu (29/6).

Secara rutin, PT Pertamina (Persero) akan melakukan penambahan pasokan selama periode ini.
 Pada H-5 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, penyaluran diperkirakan akan melonjak dengan rata-rata 35 persen dari penyaluran normal di 6 terminal BBM wilayah Jawa bagian barat.

Estimasi konsumsi BBM dan LPG selama puasa dan lebaran tahun 2016 di wilayah Jawa bagian Barat diperkirakan naik dengan rata-rata untuk BMM sebesar 4 persen dan LPG 6 persen. Untuk pertamax naik 28 persen, Pertalite naik 36 persen, Premium naik 3 persen, Avtur naik 7 persen, dan LPG naik 6 persen.

Namun untuk bahan bakar solar mengalami penurunan. Hal itu disebabkan karena adanya pelarangan kendaraan truk untuk beroperasi selama menjelang hari Raya Idul Fitri.

"Pertamina selalu berkomitmen untuk dapat melayani kebutuhan masyarakat dengan menjamin ketahanan stok serta kelancaran distribusi BBM dan LPG, terutama menjelang ramadhan dan Idul Fitri. Kami sudah siap mengantisipasi penigkatan konsumsi BBM dan LPG khususnya wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten," tutur General Manager MOR III - PT Pertamina (Persero), Jumali.

Untuk jalur utama mudik, Pertamina juga telah menyiagakan kantong BBM atau mobil tangki (berisi BBM) di setiap SPBU yang berada dijalur rawan kemacetan. BBM dalam kemasan kaleng juga akan disiapkan di titik-titik strategis di sepanjang jalur mudik.

Selain itu, Pertamina juga bekerja sama dengan Polri dengan menyiapkan jalur contra flow untuk mengantisipasi stagnasi mobilitas mobil tangki Pertamina akibat kemacetan lalu lintas dengan cara dikawal.

Jadi, mudik Anda aman dan tak perlu khawatir bakal kehabisan BBM di jalan. Namun untuk lebih amannya, pastikan sebelum masuk jalur tol, mobil yang dipakai mudik sudah terisi full. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H! (Teks : Zhein)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap