Jelang F1 Silverstone : Hamilton Di Atas Angin Berlaga Di Kandang Sendiri

Senin, 04/07/2016 17:38 WIB

mobilinanews (Northampton)-  Sirkuit ini memanglah berbeda dari yang lain karena dulunya merupakan lapangan udara. Yup, sirkuit ini namanya adalah Silverstone yang juga merupakan sirkuit tertua di dunia karena pertama kali mengadakan balapan pada 1948.

Sirkuit yang terletak di Northampton, Inggris ini memiliki 6 layout berbeda yang bisa digunakan untuk balapan. Pada balapan F1 layout yang digunakan sepanjang 5,8 km.

Layout ini akan menggunakan pit yang terletak setelah tikungan Club. Secara garis besar, sirkuit ini memiliki karakter medium speed dan memiliki  18 tikungan.

Adapun poin penting dalam balapan yang akan berlangsung pada akhir pekan ini (8-10/7) adalah rentetan tikungan cepat mulai dari bagian tengah rangkaian sirkuit dari Copse sampai Maggots/Becketts dan kemudian sampai di lurusan Hanger Straight hingga berakhir di tikungan ke kanan bernama Stowe.  

Tim ahli dari Pirelli berkata kalau sirkuit Silverstone memiliki lateral G-Force terbesar dari sekian trek di kalender balap. Sehingga pemilihan ban berkompon medium dan hard merupakan hal krusial supaya kompon ban bisa bertahan lebih lama daripada pemakaian ban soft di trek sebelumnya.

 Silverstone juga memiliki karakteristik yang jarang membutuhkan pengereman dan ditambah dengan fakta bahwa mereka perlu settingan downforce tingkat tinggi untuk menghadapi tikungan-tikungan cepat.

Tidak banyak persiapan jelang GP Inggris tahun ini karena dinilai berdekatan waktunya dengan GP Austria lalu (1-3/7). Besar kemungkinan, pebalap tuan rumah yang menaungi tim Mercedes Lewis Hamilton siap mendominasi balapan di sirkuit yang direnovasi terakhir pada 2009 silam.

Pebalap bernomor 44 ini kemungkinan masih mendapat tekanan tinggi saat berlaga di Silverstone. Sialnya lagi, dirinya masih belum melupakan insiden di lap akhir balapan GP Austria yang berlangsung di Red Bull Ring, Minggu (03/07).

Di lain hal, pebalap Rio Haryanto tidak bisa berleha-leha karena pebalap Indonesia ini akan berlebaran di Inggris akibat jadwal balapan yang ketat. Pebalap Manor ini kemungkinan akan tampil maksimal karena balapan akan dilangsungkan selepas bulan puasa.Semoga saja, Rio bisa memaksimalkan kesempatan ini dan finish di posisi terbaik.

Sementara, siapkah Hamilton berjaya di tanah airnya sendiri dan meraih kemenangan ke-47 sepanjang kariernya? Atau gagal bersinar karena tekanan tinggi akibat berlaga di sirkuit tuan rumah ? Mari kita nantikan balapan yang akan berlangsung selepas hari raya Idul Fitri ini. (berto pramadya)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda