Antisipasi Macet Arus Balik, Mungkin Tol Cikarang Utama Digratiskan

Rabu, 06/07/2016 18:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan mengusulkan agar tarif tol digratiskan untuk mengurangi kemacetan. Usul itu pun disambut oleh PT Jasa Marga yang siap menggratiskan tol saat arus balik bila kemacetan sangat parah.

"Saya dapat instruksi dari menteri PU, nanti di Cikarang Utama itu pada saat arus balik kalau memang macetnya luar biasa, kita ambil langkah terobosan dengan los saja, jadi tidak bayar," kata Dirut PT Jasa Marga, Adityawarman di Jakarta, Rabu (6/7/).

Kebijakan menggratiskan tol hanya akan berlaku di Gerbang Tol Cikarang Utama. Titik tersebut memang sudah diprediksi menjadi salah satu simpul kemacetan. Karena memang di Gerbang Cikarang itu setelah Palimanan gerbang terakhirnya di Cikarang.

Puncak arus balik diperkirakan pada akhir pekan mendatang yaitu Jumat - Minggu (8-10/10). Pemberlakuan tol gratis itu pun situasional. "Kita lihat kalau 3 km masih mengalir, ya tidak usah. Tapi kalau 3 km stuck banget, kita loloskan. Jadi buka tutup saja," ujar Adityawarman.

Sebelumnya diberitakan, kemacetan parah terjadi di Gerbang Tol Pejagan dan Gerbang Tol Brebes Timur ketika arus mudik. Komjen Budi Gunawan mengusulkan agar tol digratiskan sebagai salah satu solusinya. (budi santen)

 

TERKINI
Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna;: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern