4 Tanda Kelelahan Fisik Bagi Pemudik

Sabtu, 09/07/2016 12:13 WIB

Mobilinanews (Jakarta) - Perjalanan panjang melebihi batas kewajaran fisik bekerja dapat berakibat fatal bagi pemudik. Seperti yang diutarakan Sony Susmana expertise defensive driving, jika melewati 4 jam berkendara tanpa berhenti maka akan berdampak pada hilangnya konsentrasi.

"Pada dasarnya fisik memiliki batasan, secara kasat mata tidak ada tanda-tanda yang terlihat namun didalam tubuh sesungguhnya menjerit. Beberapa gejala bisa saja terlihat namun pemudik sering kali tidak menyadari gerak tubuh yang menjadi sinyal kelelahan tubuh. Makanya co-driver harus sensitif jika didapati gejala-gejala tersebut," ujarnya kepada mobilinanews.

Beberapa gerakan tubuh yang patut diwaspadai diantaranya:

1. Pengemudi sering kali menggaruk-garuk kepala. Gerakan ini ditimbulkan oleh rasa ngantuk yang teramat sangat, umumnya pengemudi secara tidak sadar melakukan gerakan ini.

2. Pengemudi memijat leher berulang kali. Bagian leher adalah salah satu organ tubuh yang mudah sekali mengirimkan sinyal kelelahan fisik. Syaraf serta otot dileher dirasakan menegang jika tubuh sudah merasa lelah, tindakan memijat leher dilakukan karena dapat melancarkan aliran darah, namun jika sudah terlewat lelah, tindakan memijat tidaklah efektif.

3. Menguap secara berulang dengan interval waktu yang tidak lama. Hal ini disebabkan ketika tubuh sudah lelah maka asupan oksigen di otak akan jauh berkurang. Menguap berulang merupakan gerakan otomatis karena butuh suplai oksigen ke otak.

4. Mengeraskan volume musik. Jika volume sudah dikeraskan dan pengemudi turut bernyanyi dengan keras, maka anda patut waspada. Memang, mendengarkan lagu kesukaan bisa kembali menghidupkan semangat, namun sesungguhnya jika sudah lelah, mengeraskan volume suara dan menghilangkan konsentrasi.

"Keempat hal diatas patut diwaspadai. Orang Indonesia terkenal gengsinya, jadi bagi pendamping driver jika didapati gejala tersebut, jangan ditanyakan 'capek ya mas' tapi langsung minta pengemudi langsung menepi untuk istirahat," pungkasnya. (Aditya Oka)

Keyword : info-mudik

TERKINI
BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen Resmi Dibuka, The Elite Showcase 2024 Dorong Kemajuan Industri Otomotif Indonesia Brio Dominasi Panjualan Honda di April 2024