Sprint Race GP2 Silverstone : Jordan King Jawara, Sean 18 Dan Philo 20

Minggu, 10/07/2016 19:09 WIB

mobilinanews ( Northampton) - Cuaca buruk mewarnai race kedua (Sprint Race) GP2 Inggris yang digelar di sirkuit Silverstone pada Minggu (10/07). Pebalap tuan rumah berhasil merajai dengan menjalani balap secara hati-hati akibat lintasan yang basah.

Adalah Jordan King yang menjadi kampiun pertama kalinya dalam karier sepanjang musim GP2. Pebalap Racing Enginerring ini mengasapi Luca Ghitto (Trident) dan Oliver Rowland (MP Motorsport) untuk meraih gelar.

Jordan yang notabene tester tim Manor F1 melakukan start dengan baik dari pole position dan terus bertahan di depan. Nobuharu Matsushita (ART Grand Prix) melewati Norman Nato (Racing Engineering) di tikungan 1 dan naik ke posisi kedua.

Nato kehilangan tempatnya setelah dilewati Oliver Rowland (MP Motorsport) pada lap ke-8. Satu putaran berikutnya, dia turun lagi ke posisi kelima setelah dilewati Luca Ghitto (Trident Racing).

Tak lama berselang, Ghiotto kembali mencuri perhatian dengan melewati Rowland untuk mendapatkan tempat ketiga.

Pada lap ke-11, Ghiotto naik lagi ke posisi kedua dengan melewati Matsushita. Ghiotto kini berada di belakang pemimpin balapan, King. Hingga beberapa putaran, Ghiotto terus menempel ketat di belakang King. Pada lap ke-17, King sedikit meninggalkan Ghiotto.

Tantangan balapan meningkat ketika hujan mulai turun. Persaingan King dan Ghiotto memanas, begitu juga dengan Evans dan Rafaelle Marciello (Russian Time).

Pada lap kesembilan, Evans yang mulai mengalami masalah dengan ban akhirnya kehilangan tempatnya setelah dilewati Marciello. Evans yang berada di posisi ketujuh kini berada di bawah tekanan Pierre Gasly (Prema Racing).

Gasly akhirnya melewati Evans untuk mendapatkan tempat ketujuh. Evans makin mengalami kesulitan dan terus merosot.

Pada lap ke-20, Matsushita yang berada di urutan ke-3 melakukan kesalahan dan melebar. Rowland naik ke posisi ketiga. Antonio Ghiovinazzi (Prema Racing) juga melewati Matsushita untuk mendapatkan tempat keempat.

Di depan, dengan lintasan yang mulai basah di beberapa area, King berhasil mempertahankan posisinya dari tekanan Ghiotto dan menutup balapan dengan finish di urutan pertama.

Ghiotto menyusul finis di urutan kedua. Bagi debutan asal Italia tersebut, ini merupakan podium pertamanya di GP2 Series. Dia juga menjadi pencatat putaran tercepat pada balapan ini.

Giovinazzi merupakan satu-satunya pebalap tim Prema  yang meraih poin pada balapan ini yaitu delapan.

Sementara, rekan setim Evans asal Indonesia di tim Pertamina Jagonya Ayam Campos yakni Sean Gelael finish ke-18 akibat kehilangan grip di lap-lap pertengahan.

Rekan senegarannya yang membela tim Trident, Philopaz Pattrick Armand finish ke-20 pada balapan Sprint Race ini. (berto pramadya)

 

TERKINI
Sukses Gemilang! PEVS 2024 Jadi Tonggak Perkembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Halal Bihalal Nissan Terrano Club Sumatera Barat, Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya