Jaksa Agung Calfornia Tambah Denda VW Terkait `DieselGate`

Selasa, 12/07/2016 17:35 WIB

mobilinanews (California) - Buntut dari kasus `dieselgate` yang menerpa pabrikan mobil Eropa, Volkswagen (VW) harus berbuntut panjang dan menimbulkan kerugian luar biasa bagi pabrikan tersebut.

Menurut kabar dari Reuters (12/7), selain memberikan kompensasi kepada pengguna dan pemilik mobil VW, juga dikenakan denda yang harus dibayarkan pada pemerintah Amerika.

Jaksa Agung California, Kamala Harris menegaskan bahwa pihaknya tidak mentolerir perbuatan curang yang berdampak pada kerusakan lingkungan. "Kita harus menjaga lingkungan kita demi kelangsungan hidup generasi mendatang dan menjatuhkan konsekuensi pada pihak yang melanggar hukum dan membuat polusi di udara kita," ujar wanita yang sudah menjabat sebagai Jaksa Agung California sejak tahun 2011 ini.

Konsekuensi yang diberikan kepada pihak VW pun tidak tanggung-tanggung. Setelah pekan lalu disetujui VW harus membayar denda pada pihak pemerintah Amerika sebesar US$ 14,7 miliar. Pihak Jaksa Agung California masih menambah lagi denda tersebut sebesar US$ 86 juta khusus kepada pemerintah negara bagian California.

Seperti diketahui bahwa VW melakukan manipulasi data emisi gas buang pada pengujian mesin diesel mereka dan akhirnya terbongkar. Kasus tersebut sangat mempengaruhi bisnis produsen mobil asal Jerman ini secara global. VW yang sebelumnya sempat menjadi produsen mobil urutan pertama paling laris di dunia kini menjadi yang kedua setelah Toyota. (Zie)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh