Free Practice 2 MotoGP Jerman : Dominasi Ducati Disodok Suzuki

Jum'at, 15/07/2016 22:41 WIB

mobilinanews (Saxony) - Hujan yang turun di Sirkuit Sachsenring, Jerman, membuat sesi latihan (free practice) MotoGP Jerman 2016 menjadi sangat menarik. Bagaimana tidak, di sesi latihan pertama saja, sirkuit tricky ini sudah makan 3 korban pebalap yang harus mencium aspal.

Mereka adalah Scott Redding dari Pramac Ducati, Stefan Bradl dari Aprilia, dan juara MotoGP tahun lalu, Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha. Ketiganya harus merasakan ganasnya tikungan ke-11 sirkuit yang terletak di kota Saxony, Jerman ini.

Petaka ini membuat Jorge Lorenzo sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat akibat mengalami cedera pada tangan kirinya. Untung Lorenzo masih diizinkan untuk melakoni sesi latihan kedua.

Pada sesi FP 1 ini, Andrea Iannone dari Ducati menjadi yang tercepat disusul oleh Marc Marquez dari Repsol Honda. Di tempat ketiga diisi pebalap tim satelit, Danilo Petrucci dari Octo Pramac.

Free Practice kedua, hujan tetap berlanjut. Namun hal ini tidak menyusutkan nyali para rider untuk meraih catatan waktu terbaik. Justru persaingan tambah ketat seolah lomba yang sebenarnya sudah dimulai.

Ianonne bersama motor Desmosedici-nya hampir saja kembali mengulang hasil di FP 1 sebagai pemilik catatan waktu tercepat. Namun sayang, Maverick Vinales, pebalap Ecstar Suzuki yang bakal jadi team mate Valentino Rossi di Yamaha tahun depan berhasil mengunggulinya.

Meski dalam catatan top speed, motor Iannone jauh lebih cepat dari Vinales dan pebalap lainnya. Desmosedici mampu berlari dengan kecepatan maksimal 297 km/h, sementara Vinales hanya mencatat rekor speed 289 km/h. Begitu juga di sesi FP-1, Iannone meraih top speed 293 km/h, sementara Marquez dengan catatn top speed 286 km/h.

Andrea Iannone mengisi tempat kedua diikuti oleh Marc Marquez berada di belakangnya atau posisi ketiga.  

Lorenzo yang memaksakan turun meski dalam kondisi cedera mesih bisa finish di urutan ke-16. Sementara Valentino Rossi hanya berada dua tingkat lebih baik diatas Lorenzo, yakni urutan 14.

Pihak Michelin sendiri saat ini sedang meneliti kompon ban asimetris yang digunakan para joki karena dinilai bermasalah pada cuaca hujan di Sachsenring. (Berto/Zie)

Hasil Sesi Latihan Kedua MotoGP Jerman 2016 : 

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing