Dibutuhkan Rp 5 Triliun Untuk Bebaskan Lahan Tol Brebes Timur - Semarang

Sabtu, 16/07/2016 17:42 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Untuk mewujudkan keinginan Presiden Jokowi agar pada mudik Lebaran pada 2017 telah tersambung tol Trans Jawa hingga Semarang, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ngebut penyelesaiannya.

Namun hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan pembebasan tanah  dari Brebes Timur hingga Semarang.

Kepala Subdirektorat Pengadaan Tanah Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian perumahanPUPR, Herry Marzuki mengatakan setidaknya dibutuhkan Rp 5 triliun digunakan untuk membebaskan lahan di Tol Brebes Timur hingga Semarang.

"Dana Rp 5 triliun ini paling banyak digunakan di seksi V Tol Batang-Semarang dengan porsi Rp 2,3 triliun sepanjang 10 kilometer. Total ada 140 kilometer dari Brebes Timur sampai Semarang. Jadi sisanya tinggal dibagi ke 130 kilometer," ujar Herry di Jakarta, Sabtu (16/7).

Dana pembebasan paling besar diproyeksikan  untuk Seksi V Batang-Semarang lantaran banyaknya rumah yang mesti diganti rugi oleh pemerintah. Di luar  itu, Herry mengaku telah melakukan serapan sebesar Rp 1,5 triliun dari total tagihan Rp 2 triliun pada bulan puasa lalu.

Serapan dana itu untuk membebaskan lahan di Tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II yang sudah beroperasi serta seksi III dan IV Pejagan-Pemalang. Hingga saat ini pembebasan lahan di Seksi III Tol Pejagan-Pemalang baru menyentuh angka 5,7 persen, sedangkan seksi IV telah 79 persen.

"Saya sebagai kasubdit pengadaan tanah bertekad pada Desember 2016 Trans Jawa tanahnya bisa selesai. Sehingga nanti tidak mengganggu pengerjaan fisik, dengan syarat dana talangan suda tersedia. Dana siap insyaallah semua bisa diselesaikan sesuai target,” ungkap Herry.

Ketiadaan dana ini, lanjut Herry membuat pihaknya stagnan dalam hal pembebasan lahan sejak Mei 2016. Harapannya ketersediaan dana itu segera terwujud sehingga proses pembebasan tanah bisa rampung lebih cepat. (budi santen)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda