Data Minim Tapi Mau Kredit Motor, Ini Caranya!

Sabtu, 16/07/2016 21:37 WIB

Mobilinanews - Punya motor saat ini lebih penting daripada punya rumah. Sehingga, meski ngga punya duit banyak, beli kuda besi dengan cara kredit dilakoni. Tapi, beli motor kredit perlu banyak syaratnya.

Nah, biar mudah, ada siasat yang bisa dijalani.

Menurut M. Rahman, sales dealer Honda Rina Mitra Raharja di kawasan Cireundeu, Tangerang, Banten, sebenarnya, dealer motor banyak kasih kemudahan untuk pembelian secara kredit. Cukup ajukan aplikasi dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Tapi, agar aplikasi disetujui pihak leasing, masih dibutuhkan data pelengkap lain. "Dealer mengajukan permohonan ke leasing perlu Kartu Keluarga (KK), Rekening listrik atau bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) untuk pengecekan kebenaran domisili. Lalu, masih perlu rekening koran bank dan slip gaji dari perusahaan tempat pemohon bekerja," papar Rahman.

Masalahnya, semua berkas di atas, buat beberapa calon konsumen, sulit dipenuhi. Alhasil, pengajuan kredit terbendung di perusahaan pembiayaan. Nah, agar mimpi punya motor idaman tidak pupus, ada cara halal yang bisa ditempuh. Menurut Rahman, beli di pedagang motor rumahan, alias chanel.

"Di chanel, kami penjual, bertransaksi dengan azas kepercayaan. Biasanya, kami kenal calon pembelinya," jelas Rambe, pedagang motor chanel di wilayah Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.

Dengan modal kenal calon pembeli, pedagang chanel meyakinkan perusahaan leasing untuk membiayai kredit. "Jadi, kita yang menjamin ke pihak leasing," ujar Rambe yang menjual motor merk Yamaha, Honda dan Suzuki.

Tentu saja, sebagai penjamin, pedagang chanel yang pasang badan ke leasing jika ada masalah pembayaran cicilan. Karenanya, Rambe mengakui, harga jual motor di tempatnya bisa lebih mahal. "Di kisaran 300-500 ribu rupiah tergantung motornya," tutup Rambe.

So, ada solusi, kan. Tapi, jangan mentang-mentang dijamin orang, pembeli jadi nakal. Karena sekarang leasing canggih menyeselaikan kredit bermasalah.

(Teks : Aries Susanto)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok