Khawatir Kecelakaan Di Ajang F1 - Pembalap Moto GP Tes Di Red Bull Ring Austria

Selasa, 19/07/2016 21:09 WIB

Mobilinanews - Usai GP Jerman di Sachsenring, sebenarnya pembalap MotoGP istirahat sebulan untuk liburan musim panas. Namun, karena seri X akan digelar di sirkuit Red Bull Ring yang baru dipakai lagi untuk balap motor protitipe, para joki MotoGP diberi kesempatan jajal trek sepanjang 4.326 meter itu. Mereka merasa perlu mengecek keamanan lintasan, karena Red Bull Ring bermasalah saat dipakai untuk gelaran Formula 1 (F1).

Tes digelar 19-20 Juli ini untuk jadi bahan persiapan dan perbaikan di event GP Austria yang akan digelar 14 Agustus. Kecuali Repsol Honda dan Tech3 Yamaha, semua pembalap MotoGP tes.

Yang menarik, tim anyar, KTM dan Casey Stoner akan berujicoba di Red Bull Ring. Malah Stoner yang diisukan akan comeback ke MotoGP di Austria ini, sudah menyewa Red Bull Ring selama 2 hari sebelumnya.

Sirkuit ini pernah dijajal Marc Marquez. Tapi, di tes tidak resmi itu, Marquez yang ditemani Dani Pedrosa turun dengan RC213V-RS, replika motor MotoGP mereka. "Tes ini cuma trik promosi event. Kalaupun ada hasil yang penting, kami bisa pakai data tim Honda lain yang ikut berujicoba di sana," santai Marquez.

Tapi, Valentino Rossi yang terakhir balap di sana 20 tahun lalu pakai GP125 berpendapat beda. Ia menyebut ada 3 atau 4 titik berbahaya. "Contohnya, bagian keluar di tikungan terakhir. Kalau ada lagi bagian yang terlalu bahaya, semoga bisa diperbaiki," harap Vale.

Sebenarnya aspal Red Bull Ring sudah dilapisi ulang. Lalu banyak bagian kerb (pinggiran pembatas trek, red) sudah dimodifikasi sesuai keperluan motor MotoGP. Termasuk tidak menggunakan jalur yang ada kerb berjuluk 'Sosis Kuning'. Kerb ini jadi kontroversi saat Red Bull Ring menggelar F1 karena pembalap dilarang melintasi `sosis kuning` itu agar tidak memotong lintasan di chicane.

"Aku ingin sekali tes di sana. Menurutku, lintasan lurus yang panjang ngga akan cocok dengan Honda," timpal Cal Crutchlow, joki LCR Honda yang baru sukses podium ketiga di Sachsenring.

Sebagai patokan, best lap Marquez di Red Bull Ring adalah  1 menit 29 detik. Dengan motor MotoGP, catatan waktu diperkirakan 1 menit 24 detik.

(Teks : Aries Susanto)

Keyword : motogp-2016

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag