F1 Hungaria : Monaco Versi Sirkuit Di Hungaroring

Kamis, 21/07/2016 15:03 WIB

mobilinanews (Budapest) - Hungaria, sebuah negara yang nampak biasa-biasa saja. Akan tetapi, banyak penggemar balap akan datang ke negara ini pada akhir pekan ini ( 23-25/07) karena akan digelar balap F1 di Hungaroring.

Sejak 1936, ajang balap F1 sudah diselenggarakan di Hungaria. Karenannya, balapan di negara ini sama tuanya dengan GP Inggris, GP Jerman dan GP Italia yang notabene balapan paling bersejarah di kalender balap jet darat ini.

Grand Prix Hungaria pertama digelar pada 21 Juni 1936 silam dengan panjang lintasan sekitar 5 kilometer di Nepliget, sebuah taman di Budapest.

Balapan sempat terhenti selama 50 tahun karena perang dan kondisi politik negara yang tak menentu.

Barulah pada 1986 balapan digelar kembali dengan pebalap Williams-Honda, Nelson Piquet, menjadi juara dalam GP yang dihadiri oleh kurang lebih 200.000 penonton tersebut.

Sirkuit Hungaroring bisa dibilang sirkuit "Monako" versi permanen. Ini dikarenakan sirkuit sepanjang 4,3 km ini hampir tidak ada bagian untuk dipakai salip menyalip karena dinilai sempit.

Sirkuit yang melakoni balapan perdananya pada 1986 ini mencatatkan nama Sebastian Vettel sebagai jawara pada musim lalu. Pebalap Ferrari ini berhasil meraih kemenangan setelah mengalahkan duo Redbull yakni Daniel Ricciardo dan Danil Kvyat.

Sementara, pada saat ini nama Lewis Hamilton sedang berkibar. Pasalnya, pebalap Mercedes ini siap mengincar kemenangan kelimanya di Hungaroring dan kemenangan keempat di musim 2016.

Peforma terbaiknya setelah menang di GP Austria dan GP negeri sendiri atau Inggris ini siap meraih hattrick jika menang pada balapan yang akan berlangsung 69 putaran ini.
Akan tetapi, hambatan sendiri muncul karena lintasan sirkuit sudah aspal baru untuk memperpanjang kontrak balap GP Hungaria hingga 2026.   

Siapkah Hamilton meraih Hattrick? Ataukah ada ancaman lain dari saingan terdekatnya? Mari kita nantikan akhir pekan ini. (berto pramadya)

 

TERKINI
PT BYD Motor Indonesia Menandatangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD di Indonesia Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya