Kejar Kredit Motor Bekas, Adira Gandeng Ojek Onthel

Rabu, 27/07/2016 20:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Buat Adira Finance, motor bekas (mokas) adalah lahan hijau. Dana yang dikucurkan perusahaan leasing berciri kuning itu untuk transaksi kredit mokas nyaris seperlima dari total kucuran kredit mereka. "Kredit motor bekas menyedot 19% dari dana yang kami kucurkan tiap tahun," buka Hafid Hadeli, Vice President Director - Chief Sales & Distribution Area Adira Finance.

Fakta ini menggelitik, mengingat maraknya serbuan motor baru dengan tawaran kredit yang menarik juga. "Motor bekas punya pangsa sendiri yang unik. Karenanya, kami membina diler-diler motor bekas. Mereka cerdik menangkap pasar," timpal Sugianto, Head of Used Motorcycle Adira Finance.

Fakta ini terungkap pada kegiatan bakti sosial yang digelar perusahaan pembiayaan itu, 27 Juli di Areal Museum Fatahilah, Kota Tua, Jakarta. Kegiatan ini dihadiri 300 diler mokas yang menjadi mitra Adira di seluruh Indonesia. Mereka adalah diler yang rata-rata sukses menjual seratusan unit mokas tiap bulannya, secara kredit.

Yang menarik, Adira terus memancing inovasi bagi para diler mokas binaan mereka lewat pendekatan sosial. Seperti pada event yang digelar 6 bulan sekali itu, Adira menggandeng pengusaha sepeda onthel di kawasan Kota Tua, Jakarta. Adira memberikan bantuan senilai Rp 150.000.000 pada 37 kelompok pengusaha onthel itu berupa modal kerja.
"Ini sejalan visi dan misi kami. Mendukung Usaha Kecil dan Menengah untuk menciptakan kesejahteraan bersama yang berkesinambungan dengan masyarakat," jelas Hafid Hadeli.

Selain itu, juga diberikan beasiswa bagi anak2 pengusaha onthel tersebut, senilai Rp 50.000.000 untuk 25 anak yang terpilih. "Untuk penyaluran bantuan ini, kami bekerjasama dengan Rumah Zakat. Agar penyalurannya tepat dan berkembang," lanjut Sugianto.

Pancingan ini disambut baik. Agus Hermawan, ketua komunitas pengusaha onthel kota tua yang didaulat mewakili penerimaan bantuan siap mengembangkan usaha sewa onthel.  "Kami akan kelola. Salah satunya membuat suvenir untuk turis pengguna.jasa kami. Semoga kerjasama ini berkesinambungan dan diawasi," bilang Agus.

Siapa tau bisa jadi pedagang motor bekas juga, ya Pak? (Aries Susanto)

 

 

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata