Penerapan Standar Emisi di Indonesia Jauh Tertinggal

Rabu, 27/07/2016 21:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menjadi sebuah fakta tak terbantahkan, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara besar dunia dengan penerapan standar Euro terendah. Jika dibanding negara di wilayah ASEAN lainnya, Indonesia terbelakang.

Saat ini Indonesia masih menerapkan standar emisi EUro 2, sementara Thailand sudah menggunakan standar Euro 4 sejak 2012 lalu, kemudian diikuti oleh Vietnam, Philipina dan Malaysia pada tahun ini.

Singapura lebih hebat lagi, karena negara kecil tetangga kita ini bahkan sudah menerapkan standar Euro 5.

Fakta-fakta tersebut dipaparkan oleh Ahmad Syafrudin, Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) saat acara diskusi otomotif Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) yang bertajuk "Tantangan Menuju Euro 6" yang berlangsung Rabu (27/7) di kawasan Pasar Minggu, Jakarta.

"Indonesia terbilang sebagai negara dengan penerapan standar Euro terendah. Terakhir kali Indonesia meninkatkan standar Euro dari 1 ke 2 pada tahun 2007. Dan itu bertahan sampai sekarang. Sementara negara-negara tetangga kita sudah beranjak ke standar emisi Euro 4 dan 5. Bahkan di Eropa sendiri sudah menerapkan standar Euro 6," jelas Ahmad Syafrudin yang akrab disapa Mas Puput ini.

Celakanya, karena kendaraan-kendaraan yang dipasarkan di Indonesia saat ini menurut Syafrudin sudah banyak menggunakan teknologi mesin canggih dengan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan standar Euro 4.

"Kami terus berusaha meminta kepada pemerintah untuk meningkatkan standar Euro. Karena idealnya memang kita sudah harus menatap ke arah sana. Harapan kami semoga pemerintah dapat meningkatkan standar Euro 6 di tahun 2020," pungkas Syafrudin.

Kekhawatiran terbesarnya adalah, kalau pemerintah Indonesia tidak segera mengatur regulasi ini, maka industri otomotif Indonesia akan jauh tertinggal dari negara lain. Meski untuk menuju ke arah sana, dibutuhkan effort yang sangat besar. (Zie)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh