Chang Circuit Thailand Siap Gantikan Sentul Gelar MotoGP 2017

Sabtu, 30/07/2016 12:07 WIB

mobilinanews (Thailand) - Usai kepastian Sentul dan Indonesia gagal menggelar MotoGP 2017, Dorna menawarkan Thailand untuk ambil 1 dari 19 jatah balapan di kalender MotoGP 2017. Thailand sudah siap. Mereka punya Chang International Circuit (CIC) di Buriram yang akan disodorkan jadi tuan rumahnya.

CIC sudah dapat lisensi grade A dari FIM untuk menggelar balapan sekelas MotoGP. Bahkan, saat ini, CIC dipercaya menghelat kejuaraan dunia World Superbike (WSB) dua tahun belakangan.

Asia Tenggara memang jadi incaran Dorna mengingat perkembangan industri motor dan perekonomiannya. Dan, Indonesia jadi incaran utama karena banyak penggila balap motor prototipe. Belum lagi, ada 4 produsen yang jadi sponsor di MotoGP. Yaitu Yamaha, Honda, pabrikan oli Federal.Oil dan pabrikan helm KYT.

"Sangat disayangkan kita batal selenggarakan MotoGP. Apalagi, Yamaha rutin dan berkesinambungan mempromosikan dan menyiapkan pebalap Tanah Air ke jenjang MotoGP," sesal Supriyanto, manajer motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Sesal mah, sisakan kesal pada pemerintah yang gagal membantu penyelenggaraan MotoGP di Indonesia 2017 nanti.

Kembali ke CIC, Dorna sudah merancang jadwal gelaran di sana. Kemungkinan, GP Thailand ditaruh di penghujung musim. CIC akan menyisip di 3 seri yang digelar dalam 3 minggu berturut di Motegi (Jepang), Sepang (Malaysia) dan Phillip Island (Australia).

Jika 4 balapan beruntun terlalu berat, Dorna akan menyandingkan CIC dengan Sepang. Lalu jeda seminggu, baru lanjut ke Phillip Island dan Motegi. Atau, ditaruh setelah GP Qatar. Asalkan, Dorna mau mengubah kalender WSB yang juga dihelat di CIC pada waktu yang sama.

Buat kita, mungkin perlu tahu. Semata untuk menabung nonton di Thailand dan buang devisa kita di sana. (Aries Susanto)
 

 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok