BMW Berkuasa Di Balap Ketahanan 24 Jam Spa-Franchorchamps

Selasa, 02/08/2016 18:25 WIB

mobilinanews (Belgia)- Balap ketahanan memang merupakan kategori balap mobil paling bergengsi. Apalagi ada beberapa ajang balap yang punya nama seperti Le Mans 24 jam, Sebring 12 jam dan Nurburgring 24 jam yang diikuti banyak tim pabrikan seluruh dunia.

Nah, pada akhir pekan kemarin (30-31/07) telah berlangsung balap ketahanan bergengsi Spa 24 jam. Balapan yang masuk ke kalender Blancpain GT Series ini melahap sirkuit Spa Francorchamps, Belgia.

Spa 24 jam merupakan balap ketahanan tertua yang digelar pertama kali pada 1923. Pada awalnya, layout yang dipakai hampir serupa seperti di Le Mans tapi lebih panjang 2 km  yakni 15 km dengan mengarungi jalan raya sekitar desa Franchorchamps.

Tantangan para pebalap di sirkuit ini tidak hanya di lintasan sirkuitnya yang berkarakter medium speed dengan tikungan tricky seperti hairpin La Source dan tikungan ikonik Eau Rouge tapi juga cuaca.

Sama seperti di Nurburgring Nordschelife, Jerman maka cuaca di Spa-Franchorchamps  ini cenderung berubah-ubah hingga balapan sempat dihentikan akibat hujan badai.

Pada musim ini, persaingan tersaji antar para pabrikan Jerman yakni BMW, Audi dan Mercedes. Ketiga pabrikan itu mengarahkan seluruh kemampuan bersaing dengan tim satelit berjuang bertahan hingga garis akhir.

Hingga pada akhirnya BMW berhasil meraih gelar juara pada balapan yang berlangsung selama 551 putaran itu. Adalah pasukan Rowe Racing dengan trio Maxime Martin, Phillip Eng dan Alexander Sims berjaya di Spa 24 jam tahun ini.

 "Melalui mobil M6 GT3  berhasil meraih kemenangan perdana di ajang prestisius ini," ujar Sims mewakili teman-temannya.

 Di belakangnya ada tim AKKA ASP Mercedes (Felix Rosenqvist/Tristan Vautier/ Renger van der Zande) yang finish kedua.  

“Semua bekerja sempurna, hanya saja badai membuat balapan menjadi sulit hingga kami lebih baik bermain aman untuk meraih podium ini," kata Rosenqvist mewakili tim Mercedes.
Sementara posisi ketiga diraih tim Audi dengan trio Laurens Vanthoor, Rene Rast dan Nico Muller.

Congrat BMW...! (berto pramadya)

 

TERKINI
Jepang dan ASEAN Siapkan Strategi Bersama Hadapi Dominasi Tiongkok di Pasar Kendaraan Listrik, Ini Langkah yang Dilakukan Biar Tidak Kena Razia Polisi, Simak Helm Berstandar SNI yang Aman Dipakai Berkendara Pakai Mobil Ayrton Senna Sembari Kibarkan 2 Bendera di Imola, Ini Cerita Sedih Yang Bikin Sebastian Vettel Menangis Pelantikan Pengurus IOF Yogyakarta Meriah dan Bergaya Keraton